Digital Marketing

2 Tips Promosi Bisnis Affiliate yang Efektif, Auto Dapat Cuan!

Ketahui cara promosi yang efektif untuk bisnsi affiliate Anda.

Sebagai affiliate marketer, Anda wajib tahu cara promosi secara efektif bisnis affiliate Anda. Tugas seorang affiliate marketer bukanlah hanya sekedar membagikan linkaffiliate di berbagai media, melainkan perlu memikirkan cara yang efektif dalam promosinya. Cara efektif ini adalah cara dimana Anda bisa mendapatkan banyak klik dan juga tentunya cuan dengan effort yang minim.

Pada artikel ini akan dibagikan dua trik promosi yang efektif dalam menyebarkan link affiliate Anda. Jadi, pastikan Anda menyimaknya sampai selesai.

Cara Promosi yang Efektif untuk Bisnis Affiliate

Alih-alih menyebarkan link affiliate melalui aplikasi pesan ke rekan-rekan Anda atau membagikan link secara random di berbagai media, Anda bisa membuat konten yang menarik sebagai alat promosi.

Namun, dalam membuat konten, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah platform yang Anda gunakan. Untuk promosi yang lebih efektif, Anda bisa menggunakan media sosial atau blog pribadi Anda.

Promosi Bisnis Afiliasi di Media Sosial

 

 

Sebenarnya, media sosial adalah platform utama yang dituju oleh para affiliate marketer untuk menyebarkan link affiliate. Namun, banyak dari para marketer tersebut tidak menerapkan strategi promosi yang efektif. Banyak dari mereka membagikan link secara terang-terangan melalui kolom komentar atau fitur pesan di banyak tempat.

Jika Anda menerapkan cara tersebut, Anda akan mengeluarkan effort yang lebih besar karena Anda harus menyebar link secara rutin di berbagai kolom komentar postingan orang lain.

Namun, apabila Anda tertarik untuk mempromosikan link affiliate dengan cara yang lebih efektif, simak trik-trik promosi pada beberapa media sosial, seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan Youtube di bawah ini.

Instagram

Untuk membagikan link affiliate di Instagram, Anda bisa membuat konten menarik dengan media gambar atau video. Anda bisa membuat konten yang informatif dengan tone yang sesuai dengan audience  Anda di Instagram. Gunakan juga fitur-fitur yang ada pada Instagram, seperti fitur link di Instastory agar followers Anda dapat dengan mudah menjangkau linkaffiliate Anda.

Selain menggunakan fitur link di Instastory, Anda juga bisa mencantumkan link affiliate pada bio Anda. Kemudian, buat caption yang menarik di postingan Anda dan akhiri caption dengan ajakan untuk klik linkaffiliate pada bio Anda.

TikTok

Selain Instagram, Anda juga bisa membagikan linkaffiliate melalui konten video di TikTok. TikTok merupakan salah satu platform yang cocok untuk promosi karena konten Anda bisa dilihat tidak hanya oleh followers Anda, melainkan juga orang lain yang tidak mengenal Anda. Sehingga, Anda bisa menyebarkan link affiliate langsung ke banyak orang melalui satu video konten.

Untuk tema video konten, Anda bisa membuat video tutorial atau review singkat terkait campaign yang Anda bawakan. Pastikan pembawaan Anda dalam video dan tampilan video Anda bisa menarik orang lain untuk lanjut mengklik link pada bio TikTok Anda.

Twitter

Jika Anda memilih media sosial Twitter sebagai platform untuk promosi, Anda bisa membuat konten thread yang berhubungan dengan campaign Anda.

Sebagai contoh, apabila campaign Anda datang dari brand Lazada dan ingin Anda mempromosikan produknya, Anda bisa membuat thread rekomendasi produk fashion Lazada dan sertakan link affiliate Anda di dalamnya.

YouTube

Trik selanjutnya adalah menyebarkan link dengan membuat konten di YouTube. Anda bisa membuat video tutorial, review, atau video haul apabila action goals Anda adalah pembelian.

Untuk konten di YouTube, pastikan Anda menulis judul dengan keyword yang mudah ditemukan oleh audiences. Kemudian, jangan lupa juga untuk mencantumkan linkaffiliate di kotak deskripsi.

Jika Anda sebelumnya telah aktif di YouTube dan telah memiliki banyak viewers, Anda bisa mendapatkan cuan tidak hanya dari afiliasi melainkan juga dari iklan di YouTube.

Promosi Bisnis Afiliasi di Blog atau Website Pribadi

Selain menggunakan media sosial, Anda dapat memanfaatkan blog atau website pribadi Anda untuk membagikan link affiliate. Cara ini juga sangat efektif untuk promosi terlebih lagi apabila Anda adalah seorang yang suka menulis blog atau artikel.

Anda bisa membuat konten berupa tulisan yang berhubungan dengan campaign yang Anda ambil. Lalu, Anda bisa menyisipkan link di dalamnya.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat artikel tutorial pendaftaran aplikasi edit video dan mencantumkan linkaffiliate untuk mengunduh aplikasi apabila action dalam campaign Anda adalah customer meng-install aplikasi.

 

 

Jika Anda memilih untuk melakukan promosi melalui website atau blog pribadi, pastikan Anda menerapkan teknik SEO ke dalam penulisan artikel agar konten Anda mudah ditemui oleh audiences.

Demikian informasi mengenai dua cara promosi yang efektif untuk bisnis affiliate. Anda bisa memilih salah satu trik di atas atau mencoba semua trik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis afiliasi. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again