Digital Marketing

Cara Riset Produk Terlaris di Berbagai Marketplace, Step Penting untuk Terjun ke Pasar

Riset produk merupakan salah satu tahap yang penting dilakukan setiap pelaku usaha, sebelum mulai memproduksi dan mendistribusikan barang jualnya. Riset produk penting dilakukan guna menghindari potensi kerugian di masa mendatang.

Tujuan melakukan riset produk adalah agar mengetahui tren pasar, mulai dari produk yang paling dibutuhkan, paling disukai hingga paling dicari oleh masyarakat saat ini. Dengan riset produk, pelaku usaha dapat memperkirakan prospek keuntungan produk yang akan dijual.

Selain itu, riset produk juga dapat memprediksi potensi produk tersebut, selama beberapa waktu mendatang. Kini, salah satu cara riset produk paling mudah adalah dengan memanfaatkan informasi di marketplace. Misalnya, Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Riset Produk di Marketplace Populer

Selain untuk berjualan, marketplace dapat menjadi tempat yang cocok bagi pelaku usaha untuk melakukan riset produk. Beberapa situs belanja online paling populer di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada, biasanya menyediakan informasi lengkap terkait produknya.

Setiap marketplace mempunyai caranya tersendiri dalam menyajikan informasi produk terlarisnya. Meski begitu, pelaku usaha perlu tahu masing-masing cara dari setiap marketplace, guna memperkaya hasil risetnya.

Cara Tahu Produk Terlaris Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu marketplace terpopuler di Indonesia saat ini. Marketplace ini dapat dijadikan sumber referensi pelaku usaha, dalam menggali ide berjualan. Tokopedia juga menyajikan informasi produknya secara lengkap, termasuk terkait produk terlaris.

Untuk mengetahui produk terlaris di Tokopedia, pelaku usaha dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka situs resmi tokopedia di sini atau melalui aplikasinya yang dapat diunduh di Google PlayStore/AppStore.
  • Login menggunakan akun yang telah terdaftar, jika belum terdaftar dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Setelah Login, pada halaman utama Tokopedia, terdapat tampilan seperti berikut ini. Mulai lah dengan menulusuri menu “Kategori” pada laman Tokopedia.

  • Lalu, pada bagian kategori, akan terdapat berbagai jenis produk yang dijual di Tokopedia. Pilih jenis produk atau barang yang sekiranya tertarik untuk dicari tahu.

  • Guna mengetahui produk terlaris dari jenis produk atau barang yang sudah dipilih, dapat memanfaatkan fitur “Urutkan” yang disediakan Tokopedia. Pilih “Urutkan berdasarkan Ulasan”.

Produk yang di-ranking berdasarkan ulasan, memang bukanlah produk dengan pembelian terbanyak, melainkan produk dengan pembelian dengan ulasan baik terbanyak.

Informasi ini dapat membantu pelaku usaha untuk mengetahui potensi produk yang akan dijual di masa mendatang. Semakin baik ulasan produk, semakin baik pula kualitas produk tersebut. Sehingga, dapat menjadi produk yang tepat untuk dijual.

Cara Tahu Produk Terlaris Shopee

Produk terlaris di Shopee dapat diketahui dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka situs resmi Shopee di sini atau melalui aplikasinya yang dapat diunduh di Google PlayStore/AppStore.
  • Login menggunakan akun yang telah terdaftar, jika belum terdaftar dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Setelah Login, pada halaman utama Shopee akan disajikan kategori produk yang banyak dijual di Shopee. Dari kategori produk tersebut, telusuri saja produk seperti apa yang akan dicari tahu.

  • Setelah memilih jenis produk atau barang sebagai target, riset produk terlaris dapat memanfaatkan fitur “Terlaris” pada bagian atas halaman Shopee. Fitur “Terlaris” di Shopee akan mengurutkan produk yang paling banyak terjual.

  • Perlu diperhatikan, pada bagian paling atas produk yang telah diurutkan berdasarkan jumlah penjualan, terdapat produk-produk iklan. Meski ada di paling atas, produk iklan belum tentu produk terlaris di Shopee.

Cara Tahu Produk Terlaris Lazada

Sedikit berbeda dengan kedua marketplace sebelumnya, produk terlaris Lazada dapat diketahui dengan cara berikut:

  • Buka situs resmi Lazada di sini atau melalui aplikasinya yang dapat diunduh di Google PlayStore/AppStore.
  • Login menggunakan akun yang telah terdaftar, jika belum terdaftar dapat melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Untuk mengetahui produk terlaris di Lazada, dapat memanfaatkan fitur “Search” atau “Pencarian”, yang terletak di bagian atas halaman utama Lazada.
  • Caranya dapat dilakukan cukup dengan mengetik huruf pertama dari produk yang ingin dicari tahu. Misalnya, huruf “K”, Lazada secara otomatis akan merekomendasikan produk terlaris, di bawah huruf yang diketik tersebut.

  • Dengan begitu, produk-produk yang muncul otomatis itu lah yang dapat dijadikan referensi berjualan oleh para pelaku usaha.

Bagi pelaku usaha, mempelajari jenis produk dan harga barang kompetitor sebagai referensi merupakan langkah tepat sebelum mulai memproduksi dan memasarkan produk, baik secara online mau pun offline.

Dari ketiga riset dari beberapa marketplace di atas, hasilnya dapat dibandingkan satu sama lain. Sehingga, riset produk yang dilakukan lebih kaya dan meyakinkan. Dengan begitu, risiko kerugian karena sepinya peminat produk dapat dihindarkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again