1. Entrepreneur

Cara Translate Foto atau Gambar Teks dengan Kamera

Fitur keren yang akan sangat berguna bagi para wisatawan

Teknologi memungkinkan banyak hal mustahil di 10 tahun lalu bisa dilakukan sekarang. Salah satu buah tangan kecerdasan manusia melalui teknologi adalah hadirnya aplikasi yang mampu menjermahkan tidak hanya teks tulis tapi juga teks dalam bentuk foto atau gambar.

Memanfaatkan "mata" berupa kamera, Google Translate mampu menerjemahkan teks yang tertera dalam media fisik, seperti buku, papan, reklame, penunjuk jalan hingga layar perangkat. Bagaimana caranya? Di tutorial ini akan saya tunjukkan.

  • Instal dahulu aplikasi Google Translate dari Play Store, kemudian jalan di perangkat Anda.
  • Setelah berjalan, tap menu Camera.

  • Ketika muncul informasi seperti ini, tap saja tombol Continue.

  • Sekarang akan muncul jendela kamera seperti ini. Di tahap ini, Anda punya tiga pilihan input untuk diterjemahkan. Instant, ini opsi yang memungkinkan Anda menerjemahkan foto dan gambar secara real-time yang terpampang di jendela kamera. Pilihan Scan digunakan untuk memindai teks yang terlihat di kamera kemudian mengabadikannya. Terakhir, opsi Import jika tulisan sudah Anda foto menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone.

  • Untuk opsi Instan, Anda tinggal mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan. Hasil terjemahan akan muncul di layar smartphone.
  • Jika ingin menyalin teks, maka gunakan opsi Scan. Kemudian tandai teks yang ingin diterjemahkan dan tap tanda panah di baris berwarna biru.

  • Ini hasil terjemehannnya, Anda bisa pakai hasilnya untuk berbagai keperluan.

Mudah sekali kan? Silahkan dicoba, dan semoga bermanfaat.

Gambar header Mentalfloss.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again