1. Trikinet

[Panduan Pemula] Cara Upload File Dokumen ke Google Doc atau Google Sheet

Di tutorial sebelumnya, kita sudah membahas cara download dokumen di Google Doc. Sekarang kita akan bahas kebalikannya, yaitu cara upload file dokumen Word ke Google Doc, sebuah tugas yang bagi sebagian orang adalah pekerjaan yang sulit.

Salah satu yang menyebabkan tugas ini sulit adalah penempatan tombol upload yang nyaris tidak terlihat. Tapi, mudah-mudahan setelah membaca tutorial ini, Anda kini dapat meng-upload dokumen ke Google Doc tanpa masalah berarti.

  • Pertama-tama, buka laman Google Doc atau klik tautan ini. Jika Anda ingin mengunggah dokumen excel, maka tinggal beralih ke Google Sheet melalui tombol yang tersedia di sana.
  • Kalau sudah berada di Google Doc, sekarang klik ikon folder di sisi paling kanan seperti terlihat di dalam screenshot di bawah ini.

  • Kemudian akan muncul jendela popup di jendela browser Anda. Klik menu tab Upload dan klik tombol Pilih file dari perangkat Anda.

  • Pilih dokumen yang hendak di-upload ke Google Doc.

  • Jika berhasil di-upload, dokumen akan langsung terbuka di browser Anda untuk kemudian diedit sesuai kebutuhan.
  • Setelah proses ini, dokumen juga akan disimpan secara otomatis ke Google Doc untuk nanti dapat dimodifikasi lagi jika perlu.

Langkah yang sama ini juga bisa Anda terapkan ke Google Sheet dan Google Slide. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again