Categories

Gadget

Carbon 1 MK II Adalah Smartphone Pertama dengan Material Serat Karbon

Lukman Azis - 2 March 2021

Carbon fiber atau serat karbon, material ringan namun kuat ini umumnya digunakan di industri otomotif. Di industri smartphone, tantangan menggunakan material ini ialah karena serat karbon memblokir gelombang radio.

Namun tim Carbon Mobile di Jerman telah berhasil memecahkannya masalah tersebut dan memperkenalkan Carbon 1 MK II yang diklaim sebagai smartphone pertama di dunia dengan serat karbon monocoque atau bodi dan sasisnya menjadi satu kesatuan. Dengan ketebalan 6,3 inci, bobot smartphone sangat ringan hanya di angka 125 gram saja.

Kuncinya terletak pada teknologi HyRECM (Hybrid Radio Enabled Composite Material) yang dikembangkan selama empat tahun. Ini menggabungkan material serat karbon berkualitas tinggi dari Jerman dengan bahan komposit yang memungkinkan gelombang radio melewatinya.

Tim Carbon Mobile menjelaskan, dulu di tahun 2017 butuh tiga jam untuk membuat shell, tetapi sekarang prosesnya telah dioptimalkan dan hanya butuh waktu 30 menit. Meski kecepatannya meningkat 6x, namun prosesnya masih melibatkan material hand-cutting dari engineer berpengalaman dan untuk mengawasi proses percetakannya.

Menggunakan desain monocoque, artinya smartphone ini tidak memiliki rangka internal, semua komponen melekat pada serat karbon itu sendiri. Material plastik yang digunakan kurang dari 5% dan setiap unit Carbon 1 MK II dapat dibongkar dan diubah menjadi bahan mentah.

Untuk spesifikasinya, Carbon 1 MK II mengusung layar AMOLED 6 inci dengan resolusi 1.080×2.160 piksel dalam aspek rasio 18: 9. Bagian depannya diproteksi oleh Gorilla Glass Victus terbaru.

Carbon 1 MK II tiba dengan Android 10, tetapi akan mendapatkan pembaruan Android 11 pada kuartal kedua. Carbon Mobile menjanjikan pembaruan perangkat lunak selama dua tahun dan patch keamanan bulanan.

Dapur pacunya mengandalkan chipset MediaTek Helio P90, SoC ini dibangun pada teknologi proses 12nm, dengan CPU octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex-A75 2,2GH dan enam inti Cortex-A55 2GHz. Beserta GPU PowerVR GM 9446, serta ditopang RAM 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal UFS 2.1 berkapasitas 256GB.

Carbon 1 MK II memiliki dua slot yang bersifat hyrid, pengguna bisa memilih menggunakan dual SIM atau satu SIM dengan slot microSD. Daya smartphone ini menggunakan baterai 3.000 mAh dengan fast charging yang dapat diisi hingga 50% dalam waktu setengah jam.

Pada sektor kamera, Carbon 1 MK II memiliki dua unit kamera 16MP f/2.0 (S5K3P9) dan kamera depan 20MP (S5K3T2). Untuk harganya, Carbon 1 MK II dibanderol €800 atau sekitar Rp13,7 jutaan. Meski spesifikasinya kurang mentereng, daya tahan dan kualitas materail yang digunakan menjadi keunggulan utama yang ditawarkan oleh Carbon 1 MK II.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id