Kemudahan dan keterbukaan informasi menjadi satu yang diperjuangkan di era digital ini. Banyak pihak menghadirkan sistem, situs, atau portal yang memungkinkan masyarakat umum dengan mudah mengakses informasi di sana. Upaya ini yang juga tengah ditempuh tim CariBengkulu.

Konsep portal informasi atau direktori komplit mengenai sebuah daerah sebenarnya bukan hal baru. Informasi umum seperti pariwisata, kantor, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, fasilitas umum dan event digabungkan dengan informasi lainnya seperti  komunikasi, lowongan pekerjaan, stok darah, dan lain-lain agar CariBengkulu menjadi rujukan informasi di Bengkulu.

“CariBengkulu coba membangun pasar informasi, sehingga masyarakat yang punya dan butuh informasi dapat dipertemukan. Sebagai contoh adalah informasi terkait dengan event-event yang ada di Bengkulu itu amat sangat penting. Sering kali event-event yang terlaksana sepi pengunjung, bukan karena acaranya yang tidak menarik, namun karena minimnya masyarakat yang mengetahui penyelenggaraan event tersebut[…],” papar Founder CariBengkulu Robbie Shugara.

Kesenjangan informasi ini yang menjadi masalah utama yang coba diselesaikan CariBengkulu.

Menjalin kerja sama strategi utama CariBengkulu

Untuk menyediakan informasi yang lengkap dan tervalidasi, CariBengkulu mencoba menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Disebutkan Robbie, pihaknya telah bekerja sama dengan banyak pihak seperti Unit Transfusi Darah PMI Kota Bengkulu untuk menyediakan informasi stok darah terkini, event donor darah dan tips-tips seputar donor darah. Selain itu CariBengkulu juga menjalin kerja sama dengan PeoplePublisher, salah satu penerbit buku di Bengkulu untuk membuat panduan pariwisata di Bengkulu.

“Selain itu juga pada fitur CariLoker, kami menjadi kerja sama dengan People Psychology Consulting [SahabatPsikologi] yang memiliki banyak client perusahaan yang akan melakukan recruitment kerja di Bengkulu. perusahaan yang membuka lowongan kerja akan bekerja sama dengan CariBengkulu untuk melakukan recruitment. Jadi CariBengkulu tidak hanya menyediakan lowongan kerja saja, tapi juga menyediakan layanan sebagai panduan memilih pekerjaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kesempatan [lowongan] yang ada saat ini,” terang Robbie.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.