1. Startup

Carol Bartz Dipecat dan Kini Yahoo Mencari CEO Baru

Seperti yang dilaporkan oleh AllThingsD, dewan Yahoo telah memecat Carol Bartz dari jabatan CEO, dan menandai berakhirnya periode 30 bulan kepemimpinan mantan pemimpin Autodesk ini. Pada saat pengangkatannya, Bartz datang sebagai pemimpin tanpa basa-basi yang hadir untuk membuat perubahan besar dalam bagaimana perusahaan akan dijalankan. Setelah satu tahun masa kepemimpinannya, tidak tampak perubahan apapun. Lebih dari dua tahun setelah pengangkatannya, dewan merasa cukup dan memecat Carol.

Walaupun Yahoo dimulai sebagai sebuah direktori web, dalam beberapa tahun ke belakang tampak tidak jelas mau jadi seperti apa perusahaan ini. Selain Flickr, startup lain yang telah diakuisisi oleh Yahoo sebagian besar hilang atau sepenuhnya terserap ke dalam perusahaan Yahoo tanpa efek yang berarti di kancah layanan web secara luas. Bahkan Flickr sendiri kini telah jauh tertinggal oleh Facebook dan Instagram. Usaha Yahoo untuk mengembangkan layanan web lainnya, sebagian besar gagal total.

Kekuatan Yahoo yang paling stabil sebenarnya ada pada properti berita mereka tetapi Yahoo tampaknya tidak cukup menyadari hal ini untuk bertindak dan menegaskan posisi itu atau menggunakannya sebagai ujung tombak arah perusahaan. Walaupun pada masa kepemimpinan Carol Yahoo telah mengakuisisi Associated Content, sebuah situs jurnalisme warga, strategi tersebut banyak dianggap seakan mengais sampah.

Carol sendiri mengkonfirmasi pemecatannya dari Yahoo melalui email.

Berikut email-nya:

To all, I am very sad to tell you that I’ve just been fired over the phone by Yahoo’s Chairman of the Board. It has been my pleasure to work with all of you and I wish you only the best going forward. Carol

Beberapa saat lalu, Yahoo mengeluarkan rilis resmi tentang reorganisasi yang akan dijalankan sesegera mungkin. Selain dari pemecatan Carol Bartz, Yahoo telah membuat apa yang disebut Executive Leadership Council yang bertugas untuk membantu Tim Morse, CFO Yahoo, sebagai CEO sementara yang bertugas mengelola operasional sehari-hari sampai CEO permanen ditunjuk.

Anggota Dewan Eksekutif terdiri dari Michael Callahan, Blake Irving, Ross Levinsohn, Rich Riley, dan Rose Tsou. Masing-masing memegang peran eksekutif di operasi global Yahoo. Penyandang dana dan co-founder Yahoo, David Filo dan Jerry Yang juga akan memberikan bantuan dan nasihat untuk Morse.

Perubahan-perubahan di atas akan dilaksanakan saat ini juga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again