1. Startup

CashCash Amankan Dana Baru, Belum Berizin di Indonesia

Situs Cashcash.id diblokir Telkom dan Telkomsel, aplikasinya tidak tersedia untuk regional Indonesia

CashCash, sebuah layanan teknologi finansial yang beroperasi di Indonesia, baru saja mendapat pendanaan Seri A. Meskipun demikian, di waktu yang sama, izin beroperasi layanan yang berperan sebagai agregator layanan P2P lending ini belum keluar. Situsnya (Cashcash.id) diblokir Telkom dan Telkomsel dan aplikasinya tidak tersedia untuk regional Indonesia. CashCash bukanlah layanan P2P lending, melainkan agregator yang mengumpulkan produk pinjaman online dan menyediakan fitur diskusi bagi penggunanya.

Berdasarkan laporan Kr-Asia, CashCash berhasil mengamankan pendanaan Seri A dengan nominal mencapai jutaan yang didapat dari Zhen Fund, Zero2IPO, dan Rong360. CEO CashCash Lin Yi di laporan tersebut menerangkan bahwa CashCash cukup diterima baik di Indonesia, dengan memosisikan diri sebagai agregator atau penghubung pengguna dengan layanan peminjaman online lainnya. CashCash juga disebut mencoba menyajikan produk pinjaman terbaik dengan adanya fitur bagi komunitas pengguna untuk menilai, memberikan komentar dan perbandingan produk-produk keuangan yang ada.

Di Indonesia, CashCash yang dikembangkan Firestorm-sea masuk dalam daftar aplikasi atau layanan yang belum terdaftar atau tidak berizin OJK. Dari penelusuran DailySocial, ada dua situs terkait Cashcash. Pertama adalah Cashcash.id yang diblokir Telkom dan Telkomsel.

Kemudian ada pula aplikasi mobile yang belum tersedia untuk regional Indonesia. Aplikasi tersebut mengacu ke situs Cashcashpro.id yang dikelola PT Digital Kuantum Teknologi (DKT).

Lin Yi di pemberitaan lanjutan menyebutkan, masuknya CashCash dalam daftar layanan teknologi finansial yang belum memiliki izin karena saat ini mereka dalam proses mengajukan permohonan lisensi untuk beroperasi di Indonesia.

Lin menegaskan bahwa CashCash bukanlah sebuah layanan P2P. Pihaknya hanya menyediakan daftar produk-produk pinjaman yang dikumpulkan dari lebih dari 60 penyedia pinjaman online pihak ketiga, lengkap dengan fitur komentar komunitas sehingga pengguna bisa berdiskusi terlebih dahulu.

P2P lending yang semakin diminati

Indonesia sempat gaduh dengan banyaknya layanan P2Plending dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia. Pemerintah kemudian mengeluarkan daftar mereka yang belum berizin untuk menghindarkan masyarakat dari bunga yang besar dan mencekik.

Industri pinjaman online menjadi salah satu sektor teknologi finansial yang paling populer di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia, sebagai salah satu layanan perbankan terbesar di negeri ini, akan mengeluarkan layanan peminjaman online yang mengadopsi sistem P2P lending. Layanan tersebut dinamai Pinang dan dikelola BRI Agro.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again