Casing PC Besutan Cryorig Ini Punya Desain Seperti Mac Pro

Kelihatannya kecil, padahal bisa menampung kartu grafis kelas atas macam Nvidia GTX 1080

Salah satu nilai jual utama PC adalah konsep modularnya. Hal ini turut didukung juga oleh sederet pabrikan casing PC yang tidak henti-hentinya menumpahkan ide-ide inovatif ke dalam produk-produknya, seperti salah satunya brand asal Taiwan bernama Cryorig berikut.

Sekadar informasi, Cryorig merupakan produsen CPU cooler, akan tetapi mereka kini sudah siap memperluas bisnisnya dengan merambah kategori lain yakni casing. Dalam debutnya ini, Cryorig sudah menyiapkan dua casing PC unik bernama Ola dan Taku.

Cryorig Ola bisa menampung kartu grafis kelas atas macam Nvidia GTX 1080 / Cryorig

Melihat wujud Cryorig Ola, saya jamin Anda pasti teringat akan Mac Pro. Memang benar casing ini terinspirasi oleh komputer termahal Apple tersebut, akan tetapi Cryorig telah membubuhkan sentuhan unik berupa panel depan dan belakang yang bisa dilepas-pasang, serta tersedia dalam dua tekstur yang berbeda, yaitu Brushed Aluminium dan Wood Veneer.

Wujud silindrisnya sendiri bukan tanpa alasan. Cryorig telah merancang supaya aliran udara di dalam casing bisa mengalir dengan lancar, serta memastikan tidak ada satu pun sudut yang tidak terkena udara. Lebih lanjut, terdapat kompartemen terpisah untuk CPU, GPU dan PSU sehingga panas yang dihasilkan masing-masing komponen tidak berbaur.

Pada bagian atasnya, sebuah kipas berukuran 140 mm bertugas menyedot dan membuang udara panas dari dalam casing, mirip seperti mekanisme yang terdapat di Mac Pro. Ola sendiri punya ruang yang cukup untuk kartu grafis kelas atas macam Nvidia GeForce GTX 1080 plus sepasang SSD atau sebuah HDD.

Cryorig Taku juga berfungsi sebagai dudukan monitor / Cryorig

Beralih ke Cryorig Taku, casing ini pun tidak kalah fungsional dari Ola. Selain menjadi rumah dari komponen PC, ia juga merangkap tugas sebagai dudukan untuk monitor. Anda tak perlu khawatir tubuhnya bakal bengkok, sebab sasis Taku terbuat dari aluminium setebal 3 mm.

Pada sisi depannya, terdapat sebuah laci dimana semua komponen akan tersimpan, mulai dari motherboard mini-ITX, PSU, GPU sepanjang 250 mm, serta sepasang SSD atau sebuah HDD. Semua ini ditopang oleh empat kaki kayu yang membuat penampilannya secara keseluruhan terlihat kontras.

Semua komponen tersimpan dalam laci milik Cryorig Taku / Cryorig

Kedua casing ini bakal dipamerkan di ajang Computex 2016 pada bulan Juni mendatang. Cryorig rencananya baru akan merilis Ola pada kuartal kedua tahun 2017, sedangkan Taku pada akhir 2016 atau kuartal pertama 2017.

Sumber: Ars Technica dan Cryorig.