1. DScovery

Chief Executive Officer (CEO) Adalah: Pengertian, Peran, Tugas, Skill dan Cara Mencapainya

Kamu bercita-cita menjadi CEO di masa depan nanti? Mari cek caranya pada tulisan di bawah ini!)

Siapa yang tidak mengenal istilah CEO? Posisi ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi setiap orang yang bekerja di perusahaan.

CEO adalah pemimpin yang menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Selain itu, CEO memiliki pengaruh besar terhadap reputasi perusahaan. Oleh karena itu, posisi ini harus diisi oleh orang-orang terpilih. 

Tapi apa itu CEO? Pelajari lebih lanjut tentang posisi ini. Siapa tahu, suatu hari nanti kamu bisa mewujudkan impianmu menjadi seorang CEO. Mari kita simak pada artikel di bawah ini!

Apa Itu CEO?

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer, jabatan tertinggi perusahaan yang bertugas mengambil berbagai keputusan untuk pembangunan berkelanjutan perusahaan, dan tidak hanya itu, tugas CEO juga mengelola bisnis perusahaan.

Tak heran jika posisi CEO menjadi salah satu posisi yang paling sulit bagi orang-orang dengan banyak tanggung jawab besar, karena mereka harus membawa kualitas yang mumpuni dan selain itu peran kedua CEO juga menjadi wajah perusahaan itu sendiri.

CEO tidak hanya mengkomunikasikan berbagai kebijakan perusahaan kepada eksekutif puncak perusahaan, tetapi juga bertanggung jawab untuk mengkomunikasikannya kepada masyarakat umum, sehingga tidak heran jika beberapa CEO terkenal dikenal di masyarakat luas.

Semakin besar perusahaan, semakin besar tanggung jawabnya, dan kemudian kita sebagai CEO membuat keputusan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan dan kebijakan bisnis saat ini.

Apa Peran Utama CEO di Perusahaan?

Biasanya, CEO bertanggung jawab untuk memimpin, memotivasi, dan mengembangkan tim agar bisnis tetap berjalan sejalan dengan strategi, visi, dan misi perusahaan. Namun, peran CEO belum tentu sama di semua perusahaan. Hal ini disesuaikan dengan ukuran, budaya dan struktur perusahaan.

Di perusahaan besar, CEO biasanya hanya mementingkan keputusan strategis tingkat tinggi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan. Misalnya, perencanaan strategi bisnis dan pengambilan keputusan operasional oleh manajemen puncak. Di perusahaan kecil, CEO seringkali lebih aktif dan terlibat dalam operasi sehari-hari. Misalnya, berpartisipasi dalam kepegawaian, menciptakan lapangan kerja untuk tim, dan sebagainya.

Pada dasarnya, CEO lebih banyak terlibat dalam hal-hal strategis, seperti pertemuan dengan manajer atau pertemuan lainnya.

Menurut studi Harvard Business School, CEO menghabiskan 72% hari kerja mereka untuk rapat. Biasanya, berbagai rencana dan strategi dihasilkan dari pertemuan ini untuk lebih mengembangkan dan mengadaptasi model bisnis.

CEO juga dianggap sebagai wajah perusahaan yang dipimpinnya. Tak heran jika sang CEO memiliki lingkaran sosial yang luas dan banyak orang mengenalnya.

Misalnya, Elon Musk identik dengan Tesla. Seperti yang terlihat di media, Elon Musk sering memberikan wawancara, tampil di radio dan televisi, serta menghadiri acara lokal (seminar). Hal ini menunjukkan bahwa CEO tidak hanya bekerja di lingkungan perusahaan, tetapi juga perlu membangun citra yang baik di mata publik.

Tugas Seorang CEO

Dalam menjalankan perusahaan, CEO dibebani dengan beberapa tugas yang harus dipenuhi, beberapa tugasnya antara lain:

  • Tugas pertama adalah menciptakan, mengkomunikasikan dan mengimplementasikan visi, misi dan tujuan organisasi atau perusahaan kepada seluruh karyawan.
  • Memimpin pengembangan dan implementasi strategi perusahaan.
  • Komunikasi dengan Dewan Manajemen tentang perkembangan perusahaan.
  • Mari kita lihat evolusi operasi perusahaan.
  • Melihat peluang untuk berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lain dengan tujuan yang sama. 
  • Mewakili perusahaan dalam urusan masyarakat dan berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat maupun daerah.
  • Membangun hubungan baik dengan CEO lainnya untuk membangun kredibilitas dan reputasi perusahaan serta mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Skill yang Harus dikuasai

Tentunya bagi kamu yang ingin menjadi CEO di masa depan, kamu harus menguasai beberapa skill berikut agar bisa menjadi CEO yang baik di kemudian hari. Berikut adalah beberapa keterampilan: 

  • Memiliki keterampilan interpersonal yang baik
  • Memiliki keterampilan analitis
  • Memiliki keterampilan kepemimpinan atau manajemen
  • Memiliki kualitas kepemimpinan
  • Memiliki keterampilan publik speaking yang baik

Cara menjadi seorang CEO

Untuk menjadi seorang CEO kamu tidak perlu khawatir karena disini kami memberikan pembahasan tentang cara menjadi seorang CEO. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu persiapkan.

  1. Pendidikan Tinggi

Cara menjadi CEO yang pertama adalah harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam serta pendidikan yang tinggi Salah satu syarat untuk menjadi CEO adalah pendidikan yang tinggi, tidak seperti menjadi pendiri bisnis.

Oleh karena itu, bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang CEO, perlu dipastikan bahwa Anda saat ini memiliki pengetahuan bisnis yang luas khususnya dan pendidikan tinggi yang mendukung keahlianmu. 

  1. Perjalanan Karir

More Coverage:

Jalan menuju CEO selanjutnya adalah karir yang bagus, CEO tentunya adalah orang yang memiliki pengalaman kerja dan kemampuan problem solving atau pemecahan masalah yang baik.

Tentu saja, untuk membuktikannya, kamu harus membuktikannya melalui pekerjaan di berbagai posisi. Nah, dengan itu, kamu bisa dipromosikan dan menduduki posisi yang lebih tinggi sebagai CEO.

  1. Karakter atau Kepribadian

Tentunya selain dilihat dari pekerjaan dan karir, untuk menjadi seorang CEO juga harus memiliki karakter atau kepribadian yang baik. Kamu tidak harus menjadi orang lain untuk disukai, tapi kamu harus memiliki kepribadian yang tidak merugikan orang lain.

Kamu harus mengubah cara kamu memperlakukan orang menjadi lebih baik karena nantinya menjadi CEO tidaklah mudah karena akan mengurusi banyak karyawan di sebuah perusahaan. Dengan membangun karakter dan kepribadian, sebanyak mungkin kamu dapat menyelesaikan langkah-langkah berbeda ini dan memperbesar peluang mu untuk menjadi seorang CEO.

Demikianlah informasi mengenai CEO yang dapat kami urai untukmu. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again