Categories

Berita

Cerita Akuisisi Tiket.com oleh Blibli dan Rencana-Rencananya ke Depan

Akan sekantor dengan tim Blibli untuk memudahkan koordinasi dan kolaborasi di sektor travel dan akomodasi

Yenny Yusra - 3 November 2017

Setelah resmi diakuisisi secara penuh oleh Blibli bulan Juni 2017 lalu, fokus Tiket.com saat ini adalah pengembangan produk, teknologi dan merekrut talenta baru yang bisa memberikan kontribusi kepada Tiket.com. Dalam acara Tech in Asia Jakarta 2017, CEO Tiket.com George Hendrata mengungkapkan nantinya Tiket.com akan bergabung bersama Blibli dalam satu gedung.

"Hal tersebut memudahkan kami melakukan kolaborasi dan integrasi, sehingga menjadi ideal bila Tiket.com bergabung bersama Blibli dalam satu gedung," kata George.

Proses di balik layar

Dalam kesempatan tersebut George Hendrata mengungkapkan beberapa alasan mengapa pada akhirnya Djarum Group melalui Blibli memutuskan untuk mengakuisisi layanan OTA Tiket.com yang telah berdiri sejak tahun 2011 lalu. Salah satu untuk memperkuat kanal travel dan akomodasi di Blibli.

"Sebelumnya Blibli telah memiliki kanal khusus untuk perjalanan wisata, namun demikian setelah melakukan pertemuan dengan para pendiri Tiket.com kami memutuskan untuk membangun bisnis yang sudah established dibandingkan membuat dari awal," kata George.

Kebetulan saat itu George menjadi tim pengawas due diligence Djarum Group untuk melihat latar belakang perusahaan dan para pendiri Tiket.com.

"Sebagai bisnis OTA yang sudah mapan, Tiket.com ternyata masih membutuhkan modal untuk memperkuat posisinya sebagai layanan OTA di Indonesia. Setelah melakukan beberapa kali pertemuan, wawancara, kunjungan langsung, dan survei kami pun memutuskan untuk mengakuisisi penuh Tiket.com," kata George.

Disinggung mengapa akhirnya Blibli melakukan akuisisi penuh dan tidak memilih untuk menjadi investor saja, menurut George hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Tiket.com.

"Dipilihnya saya pun sebagai CEO baru dari Tiket.com merupakan keputusan bersama dari Djarum Group, Blibli, dan tentunya para pendiri Tiket.com," kata George.

Pekerjaan rumah pasca akuisisi

Usai akuisisi resmi dilakukan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan George dan tim Tiket.com, mulai dari meningkatkan teknologi, menghadirkan fitur yang lebih user friendly hingga mencoba untuk merangkul lebih banyak kalangan millennial sebagai pelanggan.

Tiket.com juga berusaha meningkatkan kegiatan pemasaran sekaligus menambah kinerja tim produk untuk mengembangkan produk yang relevan dan berfungsi dengan baik.

"Meskipun sudah menjadi bagian dari Blibli, namun manajemen memutuskan untuk tidak "hands on" mengatur bisnis dari Tiket.com. Kolaborasi yang akan difokuskan lebih kepada sinergi dari sisi konsumen, saling berbagi informasi di situs dan juga dalam hal operasi," kata George.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter