Categories

Berita

Aplikasi KeMana Hadirkan Informasi Jalur dan Kedatangan TransJakarta

Masih dalam versi beta, moda transportasi lain akan disertakan untuk pengembangan masa depan

Randi Eka - 19 October 2015

Pengembang asal Taiwan CHOCOLABS merilis aplikasi mobile KeMana untuk sistem informasi transportasi Jakarta. Melihat dari kecakapan informasi dan user experiences yang diberikan, aplikasi ini sengaja dibuat untuk turis atau pendatang di Jakarta yang belum memiliki pengetahuan atau pengalaman tentang jalur transportasi di kota ini. Aplikasi saat ini tersedia untuk platform Android dan dapat diunduh secara gratis.

Informasi yang tertera di dalam aplikasi saat ini fokus pada rute dan informasi kedatangan bus TransJakarta yang disajikan secara real-time. Product Manager CHOCOLABS untuk Asia Tenggara Halim Isabella mengatakan dalam waktu dekat data transportasi lokal lainnya akan turut dimasukkan, termasuk bus kota, angkutan daerah, hingga KRL Commuter Jabodetabek.

Peta dan sistem rute yang dimiliki juga memungkinkan pengguna untuk melakukan perencanaan perjalanan. Pengguna dapat memilah lokasi favorit, misalnya lokasi rumah, kantor, resto, dan sebagainya untuk disusun menjadi rencana perjalanan dengan TransJakarta. Dari titik lokasi favorit tempat pengguna berada, sistem akan memberikan informasi koridor mana yang harus disinggahi untuk penggunaan dan perpindahan bus.

Selain memberikan informasi waktu kedatangan, sistem melakukan penyegaran data (refresh) setiap beberapa menit sekali, dalam aplikasi juga disajikan estimasi waktu dan biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan rencana perjalanan yang telah disusun. Sistem ini juga dilengkapi informasi prakiraan cuaca dan "night service". Night service ini memberikan informasi perhitungan jadwal bus yang tersedia untuk jam malam hingga dini hari.

Sebagai sebuah aplikasi personal transportation guide, visi KeMana adalah memberikan informasi dan rekomendasi rute dan alat transportasi paling efisien untuk sebuah perjalanan di Jakarta. Saat ini aplikasi masih dalam versi beta dan masih banyak penyempurnaan yang sedang digarap tim pengembang. CHOCOLABS berharap mendapatkan banyak masukan dari pengguna untuk pengembangan aplikasi lebih lanjut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter