Categories

Feature

Sistem Pembayaran Online Instan CIMB Niaga Optimalkan Pemanfaatan API

Implementasi API terbuka sebagai langkah inovasi menjawab kebutuhan pasar

Avi - 2 February 2021

Inovasi teknologi dalam industri perbankan dipandang penting untuk mengembangkan layanan yang semakin bermanfaat bagi pengguna. Salah satu wujud inovasi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan pengembangan API (Application Programming Interface), untuk dapat mengintegrasikan layanan perbankan dengan berbagai platform lain demi membuka akses yang lebih luas bagi nasabah.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) merupakan bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang senantiasa memanfaatkan inovasi teknologi dalam berbagai pengembangan produknya. Produk unggulan CIMB Niaga yang baru saja diluncurkan adalah “direct debit” atau disebut juga OCTO Cash by CIMB Niaga. Inovasi ini memungkinkan nasabah pengguna fintech maupun e-commerce untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman cukup dari satu aplikasi partner yang telah bermitra dengan CIMB Niaga.

Pemanfaatan API untuk Kembangkan Produk dan Wujudkan Kolaborasi

Pentingnya penggunaan API dalam pengembangan produk dan layanan CIMB Niaga, selaras dengan kebutuhan transaksi nasabah yang kian dinamis. Tak hanya kebutuhan untuk transaksi tarik tunai dan transfer dana lewat bank tertentu, salah satu contoh yang mudah ditemui kini adalah semakin banyaknya nasabah yang menggunakan transaksi keuangan untuk layanan fintech, e-commerce, dan sejenisnya.

Di sini, API dibutuhkan untuk dapat mengintegrasikan layanan perbankan dengan platform eksternal tersebut. Dukungan integrasi layanan yang baik ini membuat nasabah dapat melakukan berbagai transaksi dengan lebih cepat, mudah, nyaman, dan aman. Berbagai kemudahan tersebut juga dapat memberikan nilai lebih bagi nasabah serta mampu menjaga loyalitas nasabah. Sebab, dengan integrasi layanan yang tersedia, para nasabah tak perlu beralih menggunakan layanan perusahaan lain.

Integrasi layanan lewat API juga mampu membuka kesempatan bagi perusahaan perbankan untuk berkolaborasi dengan start-up penyelenggara fintech, e-commerce, dan sebagainya. Kolaborasi antara perusahaan dan start-up merupakan peluang untuk menciptakan berbagai inovasi baru yang saling menguntungkan.

Layanan Direct Debit OCTO Cash dari CIMB Niaga

Salah satu wujud pemanfaatan API yang dilakukan oleh CIMB Niaga adalah layanan pembayaran online debit instan terbaru bernama OCTO Cash by CIMB Niaga.

Lewat layanan ini, nasabah konsumen fintech maupun e-commerce dapat membayar atau bertransaksi menggunakan rekening dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Pemanfaatan API yang dilakukan oleh CIMB Niaga dalam pengembangan produk ini dapat tetap menjaga keamanan nasabah dalam bertransaksi di aplikasi non-bank. Layanan OCTO Cash juga merupakan produk yang mampu melengkapi channel pembayaran digital milik CIMB Niaga yang sudah ada, seperti OCTO Mobile dan OCTO Clicks.

Layanan OCTO Cash juga menyediakan pengalaman pengguna yang ramah dan seamless. Cukup melalui satu kali pendaftaran untuk proses binding rekening di awal, kemudian di setiap transaksinya cukup konfirmasi pembayaran dengan one time password (OTP) yang dikirimkan ke nomor seluler yang terdaftar di Bank, dan transaksi akan sukses terbayar.

OCTO Cash by CIMB Niaga juga dapat digunakan oleh nasabah untuk bertransaksi tarik tunai melalui aplikasi fintech SoCash; berinvestasi reksadana, emas, maupun Surat Berharga Negara (SBN) melalui aplikasi personal finance management (PFM) Fundtastic wealth fintech; maupun berbelanja di e-commerce lewat Elevenia dan Tokopedia yang bekerjasama dengan Payment Gateway PrismaLink, perusahaan penyedia solusi pembayaran yang telah berpengalaman selama satu dekade di Indonesia.

Inovasi dan kolaborasi merupakan kunci untuk dapat mengembangkan layanan dan meningkatkan kepuasan pengguna produk yang ditawarkan. Dengan mengimplementasikan kedua hal tersebut dalam bisnis, langkah peningkatan skalabilitas perusahaan juga dapat dicapai lebih cepat dengan cara yang tepat.

Kunjungi halaman CIMB Niaga API Portaluntuk informasi lengkap mengenai sistem API terbuka dari CIMB Niaga.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter