9 November 2015

by Oki Rosgani

Cita Rasa BlackBerry Priv Ini Bisa Dirasakan Oleh Smartphone Android Lainnya

Pengguna smartphone Android dapat menginstal sejumlah aplikasi BlackBerry Priv di smartphone mereka

Setelah resmi diumumkan dan mulai di review oleh beberapa media teknolohi, smartphoneBlackBerry Priv cukup mencuri perhatian.  Perangkat ini tidak hanya memiliki bentuk yang unik, namun smartphone ini juga menarik perhatian karena merupakan perangkat pertama besutan BlackBerry yang berjalan dengan sistem operasi Android.

Kendati platformnya telah berubah, namun para engineer di BlackBerry telah bekerja dan berupaya agar smartphone BlackBerry Priv tetap memiliki fitur keamanan yang baik, termasuk hadirnya sejumlah aplikasi andalan yang menjadi ciri khas dari smartphone BlackBerry selama ini.

Misalnya saja BlackBerry Experience Suite, BlackBerry Hub, unified contacts, calendars, meetings, aplikasi kamera dan tentu saja BlackBerry Messenger (BBM). Dengan begitu, sejumlah aplikasi tersebut telah disesuaikan agar bisa berjalan mulus pada platform anyar yang kini diusungnya.

Seperti yang dikutip dari Liliputing, seorang member di XDA Developers membuat daftar sejumlah aplikasi yang ada pada smartphone BlackBerry Priv agar bisa berjalan pada smartphone Android lain. Beberapa aplikasi tersebut adalah;

Aplikasi Keyboard, para pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi keyboard milik BlackBerry Priv tersebut tanpa harus melakukan tweak pada perangkat Android yang digunakan. Anda dapat mengunduh file .APK aplikasi keyboard ini melalui Google Drive atau MegaMirror.

BlackBerry Service, untuk bisa menggunakan aplikasi ini, penggunanya harus menginstal aplikasi pendukung seperti aplikasi Launcher agar aplikasi BlackBerry Service ini bisa berjalan dengan baik. File .apk BlackBerry Service ini dapat diunduh melalui tautan berikut ini.

BlackBerry Launcher, ini merupakan aplikasi peluncur yang dimiliki BlackBerry Priv yang tidak hanya membuat tampilan smartphone Android yang digunakan menjadi memiliki tampilan mirip BlackBerry Priv, namun sejumlah aplikasi yang berjalan di belakangnya juga akan mendukung sejumlah fitur aplikasi yang ada. Untuk mengunduhnya Anda bisa melalui tautan ini.

BlackBerry Calendar, ini merupakan aplikasi kalender yang ada pada BlackBerry Priv, silahkan klik tautan ini untuk mengunduh file .apk-nya.

Informasi ini tersaji pada thread yang dibuat oleh pengguna forum XDA Developers dengan nicknameXiaux, informasi dari trik ini dapat diakses melalui tautan berikut ini.

Namun tidak ada dukungan resmi selama Anda menjalankan aplikasi-aplikasi di atas pada smartphone non-BlackBerry, sehingga Jika Anda tertarik untuk menginstal aplikasi-aplikasi tersebut, jangan lupa untuk melakukan back-up terhadap semua data yang ada pada smartphone Android Anda, karena ini bukan file aplikasi resmi, tentu saja Anda harus bertanggung jawab sendiri bila terjadi kerusakan dan kehilangan data yang Anda alami selama melakukan proses ini.

Gambar Header: BlackBerry

Koreksi: Perbaikan tentang informasi dari forum XDA Developers.