Categories

Review

Clear Bawa Desain Antar Muka Aplikasi ke Wilayah Baru

Aulia Masna - 18 February 2012

Saya tentu tidak akan membahas tentang merek Shampo, Clear yang saya maksud adalah aplikasi baru yang tersedia di app store yang dibuat oleh Impending and Realmac Software. Aplikasi ini bisa memberikan desain antar muka aplikasi mobile yang sangat baik. Cara kerja aplikasi ini tidak seperti aplikasi lain. Aplikasi ini hanya menghadirkan gerak penggunaan yang terbaru dan sama sekali terbebas dari kotak antar muka. Aplikasi ini tidak memiliki tombol, toolbars, atau ikon. Clear terdiri dari garis penuh warna, teks, serta suara. Itu saja.

Aplikasi ini membawa usability ke wilayah baru. Kedatangan iPhone pada tahun 2007 telah membawa lingkungan penggunaan dengan satu tombol, yang dimanfaatkan oleh aplikasi karena bisa memberikan kebebasan karena tidak ada metode input dari perangkat keras yang terlalu banyak. Clear membawa langkah ini lebih lanjut dan menawarkan penggunaan aplikasi dengan gerak isyarat dan menghilangkan ikon dan tombol.

Dalam mengembangkan aplikasi mobile, sangat mudah untuk bergantung pada metode input yang telah diperkirakan, yang biasa digunakan, perangkat navigasi dan operasi tradisional, secara mendasar mencoba untuk mengalahkan jalur yang ada.

Berbicara tentang jalur, aplikasi Path 2.0 memperkenalkan 'cakram berputar' sebagai navigasi mereka dari pada tab bar yang lebih umum yang digunakan, misalnya, oleh Instagram, Tweetbot, Twitter, Foursquare, dan yang lainnya.

Ada kekhawatiran bahwa aplikasi lainnya akan secara cepat mengadaptasi efek cakram putar yang dimiliki Path dan mengeksploitasinya, tetapi kekhawatiran ini sepertinya belum muncul, setidaknya penggunaannya belum menjadi umum, karena jika iya maka tentunya akan banyak aplikasi yang dituduh meniru inovasi Path.

Antar muka intuitif yang menipu dari aplikasi Clear menghadirkan perubahan dari desain interaksi dan ekspektasi dari antar muka yang tidak akan muncul tanpa kehadiran iPhone. Dalam sebuah wawancara dengan TheNextWeb, Phill Ryu dari Impending mengatakan, "Buttons are about the most unsatisfying interaction you can have in a touchscreen device. Just think about it. At least when you’re using a mouse, you click a button, and you’re clicking a button. When you’re using a phone you are smudging glass, and there is absolutely zero feedback.”

Apa yang dihadirkan oleh Clear adalah sebuah evolusi dari desain antar muka. Aplikasi ini mungkin bukan aplikasi task atau untuk daftar terbaik di iPhone, dan bukan juga aplikasi yang maksimal (aplikasi ini bahkan tidak melakukan sinkronisasi dengan apapun, setidaknya belum), tetapi aplikasi ini memiliki desain yang sangat bagus, sangat 'langsung', mudah digunakan dan memiliki tampilan yang 'bersih' jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Clear tampil dengan sangat khas. Hanya terdiri dari garis berwarna dan teks, bekerja juga dengan cara tap, swipe, memperbesar atau slide. Video petunjuk cara pemakaiannya akan muncul ketika Anda pertama kali menjalankan aplikasi ini, dan video yang telah tersebar selama beberapa hari ini sudah cukup untuk membuat Anda paham akan aplikasi ini. Aplikasi Clear dihargai US$0.99 selama masa peluncuran.

Berbicara tentang aplikasi, jika Anda berada di kota Bandung akhir minggu ini dan tertarik untuk mengikuti seminar pengembangan iOS, saya akan berbicara tentang bisnis aplikasi mobile di acara ID-Objective Conference, pada hari Sabtu ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter