1. Startup

CloudMagic, Permudah Pencarian di Gmail

Kemarin DailySocial menulis tentang kabar uji fitur dari Google yang berhubungan dengan hasil pencarian langsung dimana perubahan hasil pencarian yang terjadi bisa didapatkan secara langsung, bahkan sebelum kita menekan tombol Enter. Bagi Anda yang menginginkan pengalaman serupa untuk haril pencarian di Gmail, Anda bisa menggunakan CloudMagic.

CloudMagic merupakan add on yang bisa ditambahkan untuk peramban Firefox atau extension yang bisa ditambahkan di Google Chrome, fungsi dasarnya adalah untuk melakukan pencarian atas email yang terdapat di akun Gmail Anda, namun dengan kemampuan tambahan yaitu pengalaman serupa dengan apa yang sedang diuji oleh Google, yaitu perubahan hasil pencarian yang muncul secara langsung tepat ketika kita mengetikkan huruf atau kalimat, kemudian fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat preview dari hasil pencarian pesan di inboxemail tanpa harus membuka tab baru di peramban yang sedang digunakan.

Untuk menggunakannya, Anda cukup melakukan instalasi add on atau extension di peramban Anda seperti halnya ketika melakukan instalasi add on atau ekstensi lainnya. CloudMagic saat ini hanya bisa digunakan untuk melakukan pencarian di Gmail dan Google Apps, namun seperti yang dijelaskan di situs mereka, layanan dukungan untuk Google Docs, Hotmail, Yahoo dan yang lain akan segera menyusul.

Setelah instalasi dilakukan, refresh akun Gmail Anda, maka nantinya akan muncul kotak pencarian tambahan di bagian atas kotak inbox GmailAnda. Setelah kotak ini muncul, Anda tinggal mengetikkan kata kunci, alamat email, alamat kontak atau huruf awal yang Anda ingat untuk mencari informasi dari email Anda, maka nantinya CloudMagic akan memunculkan semua hasil pencarian yang Anda cari. Ketika Anda melakukan perubahan atas kata kunci, maka hasil pencarian pun ikut berubah mengikuti huruf yang Anda ketikkan.

Seperti yang dijelaskan di blog CloudMagic, produk ini dibuat terinspirasi oleh hasil pencarian yang ada pada layanan Spotlight pada Mac atau layanan pencarian pada Windows 7,  yang keduanya memungkinkan untuk memberikan atau melakukan pencarian dari data lokal di komputer pengguna. Untuk masalah keamanan password dan informasi penting lain, CloudMagic tidak akan menyimpan informasi ini di server mereka.

Saya mencobanya dan cukup menyenangkan, satu fitur yang kemungkinan akan sangat berguna bagi saya adalah, kemampuan CloudMagic untuk membuka email dari hasil pencarian di Gmail tanpa harus membuka tab baru, jadi misalnya saya sedang mengetik email untuk relasi saya, kemudian saya melupakan suatu hal dari email terdahulu, namun tidak dalam satu rangkaian 'percakapan', maka saya bisa menggunakan hasil pencarian CloudMagic dari email saya terdahulu tanpa harus menutup racangan email yang sedang saya tulis. CloudMagic akan memunculkan layer kotak 'diatas' Gmail yang bisa terus berfungsi untuk memberikan hasil pencarian, sementara saya tetap bisa menggunakan email secara normal. Setelah selesai, dan ingin kembali ke fungsi Gmail normal, maka saya cukup menekan tombol Esc.

Anda bisa mendapatkan tautan untuk melakukan instalasi di situs mereka di sini, dan berikut video penjelasan singkat dari CloudMagic tentang layanan mereka.

Sumber Artikel: TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again