1. DScovery

COD Artinya Cash On Delivery: Definisi, Cara Kerja Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Jika Kamu adalah pelanggan setia e-commerce pasti pernah mendengar COD atau sistem pembayaran cash on delivery. Lalu apa yang dimaksud dengan COD?

Siapa pun yang sering melakukan kegiatan jual beli barang secara online atau berurusan dengan jasa pengiriman pasti tahu apa itu cash on delivery (COD). 

Keberadaan layananCOD ini menghadirkan kemudahan tersendiri bagi pembeli dalam hal pembayaran. Apalagi kalau keluar rumah ke ATM atau cabang tanpa menggunakan aplikasi m-banking dirasa terlalu merepotkan. 

Lantas apa itu arti COD? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas terkait pengertian, kelebihan dan kekurangan, contohnya, hingga tips melakukan COD.

Pengertian COD

Dikutip Dari Buku E-Commerce Dasar Teori Dalam Bisnis Digital Oleh Muhammad Aldrin Akbar Dan Siti Nur Alam, COD diartikan sebagai layanan yang akan diperoleh konsumen dari penjual.

Layanan COD merupakan akses pembayaran untuk pengiriman barang ketika mereka tiba di alamat tujuan. COD juga dikenal sebagai collect on delivery melansir halaman Encyclopedia Britannica. Definisi cash on delivery adalah istilah bisnis umum yang menunjukkan bahwa pembayaran barang harus dibayar pada saat pengiriman.

Dengan kata lain, cash on delivery berarti membayar secara langsung atau di tempat setelah pengiriman penuh barang.

Dikutip dari laman resmi Shopee Indonesia, COD berarti metode pembayaran yang dilakukan langsung di situs setelah pembeli menerima pesanan dari kurir.

Dengan kata lain, COD adalah metode pembayaran pilihan. Di market lain seperti Tokopedia membayar dengan COD. Tokopedia menawarkan pilihan metode pembayaran di mana mitra (pembeli) dapat melakukan pembayaran tunai setelah barang diterima.

Faktanya, tidak semua marketplace menawarkan layanan COD, dan tidak semua perusahaan pelayaran mendukung layanan COD yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli.

Kelebihan COD

Ada beberapa keuntungan yang didapat penjual dan pembeli dari metode pembayaran COD. Metode pembayaran cash on delivery memiliki keuntungan sebagai berikut:

Bagi penjual, pembayaran COD merupakan salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan barangnya karena banyak konsumen yang memilih cara ini. Dalam banyak kasus, prosedur COD bahkan dapat meningkatkan kepercayaan prospek terhadap reputasi penjual.

Bagi pembeli, metode COD menambah kenyamanan tersendiri, karena kondisi barang bisa langsung diverifikasi oleh pembeli, sehingga terhindar dari penipuan dan ketidaksesuaian kondisi barang dengan pesanan.

Kekurangan COD

Meski merupakan metode pembayaran yang banyak diminati orang, ternyata cash on delivery juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kelemahan dari proses COD:

  • Langkah ini bisa dianggap merugikan jika pembeli membatalkan transaksi dengan berbagai alasan. Tentu saja, ini merugikan waktu, tenaga, dan uang penjual.
  • Karena sistem pembayaran COD biasanya menggunakan uang tunai, penjual berisiko menerima pembayaran palsu.
  • Jangkauan layanan untuk prosedur cash on delivery umumnya sangat terbatas dan hanya dapat ditawarkan oleh pembeli dan penjual di kota yang sama. 
  • COD sangat rentan terhadap kejahatan baik bagi penjual maupun pembeli. Untuk itu disarankan menggunakan COD di tempat umum yang ramai.

Contoh Menggunakan Sistem COD

Misalkan Kamu membeli laptop dari toko online. Setelah menemukan laptop yang cocok, biasanya Kamu pasti akan menghubungi penjualnya untuk menanyakan ketersediaan, penawaran harga, spesifikasi lengkap barang, kondisi barang, dan lainnya.

Jika Kamu setuju dan setuju dengan harga dan barang yang ditawarkan oleh penjual, Kamu dan penjual dapat menyetujui kapan dan di mana harus bertemu. Kamu dan penjual kemudian akan bertemu di tempat dan waktu yang telah disepakati. 

Setelah itu, penjual berhak membawa barang yang ingin dibelinya dan mengecek kondisi barang tersebut. Kamu kemudian dapat membayar barang dengan harga yang telah disepakati sebelumnya atau membatalkan jika persyaratan tidak sesuai dengan harapanmu. Ini melengkapi prosedur COD.

Tips Melakukan COD

  • Hal pertama yang perlu diperhatikan saat menggunakan COD adalah area pengiriman.
  • Daerah pengiriman layanan COD terbatas dan tidak di semua kota.
  • Peluang penipuan dalam sistem COD dirasakan baik oleh penjual maupun pembeli, jadi berhati-hatilah dalam memilih penjual dan barang yang akan dibeli.
  • Silahkan bertanya tentang biaya pengiriman tambahan. Biaya pengiriman tambahan biasanya berlaku, terutama di area pengiriman non-kontrak. 
  • Jika ingin menggunakan cash on delivery, harap siapkan cash untuk mengurangi beban kurir dan penjual.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again