1. Lifestyle

Competitive Play Season 8 Overwatch Dimulai, Blizzard Umumkan Sejumlah Perubahan

Beberapa modifikasi diterapkan agar pertandingan lebih seimbang dan memuaskan bagi semua peserta.

Blizzard memperkenalkan Competitive Play tak lama setelah Overwatch dirilis sebagai pondasi pengembangan permainan shooter team-based ini ke arah eSport. Setelah melewati sesi tes, Anda akan ditantang buat bertanding melawan pemain berkemampuan setara, mempertaruhkan Skill Rating buat naik ke tingkatan yang lebih tinggi dan bergensi.

Setelah mengumumkan agenda untuk melangsungkan Competitive Play selanjutnya di awal Desember 2017, Blizzard Entertainment akhirnya resmi memulai Season 8 di tanggal 1 Januari kemarin. Lewat blog resminya, sang developer mengabarkan sejumlah informasi umum serta beberapa perubahan yang mereka implementasikan di Competitive Play sehingga lebih adil dan mudah diakses oleh setiap pemain Overwatch.

Seperti biasa, akses ke Competitive Play segera terbuka begitu Anda mencapai level 25. Kata Blizzard, mode ini 'didesain bagi gamer yang ingin menguji kemampuannya sembari menawarkan pengalaman bermain yang lebih serius dibanding Arcade dan Quick Play'. Cara menikmatinya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengklik 'Play' lalu opsi Competitive Play segera muncul di submenu.

Namun sebelum bisa memulainya, pertama-tama Anda harus menyelesaikan 10 pertandingan 'penempatan' untuk menentukan Skill Rating. Kemampuan Anda diwakilkan oleh angka, dari 0 sampai 5000. Semakin tinggi jumlahnya, itu berarti Anda semakin mahir. Peserta juga akan dibagi dalam kategori, mulai dari Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Master, dan Grandmaster. Anda dapat naik ke tier selanjutnya seiring meningkatnya performa bermain.

Dengan berpartisipasi dalam Competitive Play, Anda akan mendapatkan spray dan icon khusus. Lalu jika berhasil masuk sebagai 500 pemain terbaik di platform serta wilayah tempat Anda berkompetisi di akhir musim nanti, Blizzard akan memberikan icon serta spray istimewa tambahan. Selain itu, bermain Competitive Play juga akan menghasilkan Competitive Points, yaitu mata uang yang bisa digunakan untuk membeli versi emas dari senjata hero favorit Anda.

Demi memastikan Competitive Play lebih seimbang, Blizzard mengurangi jarak antara Skill Rating pemain tertinggi dan terendah di satu tim: 1000SR buat tier Bronze sampai Diamond, 500SR di tier Master, dan 250SR untuk Grandmaster. Developer berharap, modifikasi ini dapat membantu gamer di tingkatan skill berbeda memperoleh lawan yang setara, membuat pertandingan jadi lebih memuaskan.

Lalu buat pemain di level Diamond ke atas, Blizzard menghilangkan sistem penyesuaian SR personal. Mereka bermaksud agar pemain bisa lebih fokus untuk memenangkan pertandingan, ketimbang memerhatikan performa diri sendiri.

Overwatch Competitive Play Season 8 telah dimulai di versi PC, PlayStation 4 dan Xbox One.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again