1. DScovery

Consumer Goods: Pengertian, Jenis, dan Daftar Perusahannya

Consumer goods adalah produk buatan yang langsung dapat dinikmati konsumen.

Apa itu consumer goods? consumer goods atau barang konsumen adalah produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan yang ditujukan untuk konsumen akhir. Ini berarti bahwa produk tersebut tidak digunakan untuk diproduksi kembali. Barang yang termasuk dalam kategori barang konsumsi biasanya cepat laku, dan harga jualnya relatif murah.

Namun perlu kamu ketahui bahwa barang konsumsi tidak selalu berupa makanan. Tapi bisa juga produk lain seperti kosmetik, produk perawatan tubuh dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang consumer goods, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Customer Goods

Consumer goods adalah barang konsumen atau barang yang diproduksi secara komersial yang digunakan oleh konsumen tanpa proses komersial sebelumnya sebagai tujuan akhirnya atau yang dapat disebut sebagai produk jadi.

Contoh barang consumer goods adalah pakaian, makanan dan perhiasan karena sudah siap pakai. Bahan baku atau bahan dasar seperti tembaga tidak dianggap sebagai barang konsumsi karena memerlukan pengolahan lebih lanjut.

Proses pembuatan barang consumer goods adalah transformasi bahan mentah menjadi produk setengah jadi, setelah itu produk tersebut siap untuk dimakan atau digunakan.

Dari sudut pandang ekonomi, ada klasifikasi barang konsumsi yang dibagi menjadi barang tahan lama, barang tidak tahan lama, dan jasa. Barang-barang yang termasuk dalam kelompok barang konsumsi biasanya dibeli untuk penggunaan rumah atau profesional, serta untuk penggunaan santai atau pribadi. 

Jenis Produk Consumer Goods

Empat jenis produk berdasarkan perilaku pembelian consumer goods adalah:

  1. Convenience Goods

Salah satu jenis barang convenience adalah kebutuhan atau barang yang digunakan konsumen yang biasa dijual oleh pengecer. Misalnya rokok, roti, produk susu, sabun dan pasta gigi.

  1. Shopping Goods

Shopping goods adalah barang konsumsi dengan harga satuan lebih tinggi yang jarang dibeli konsumen, seperti furnitur dan pakaian. Membeli barang-barang ini biasanya membutuhkan lebih banyak pemikiran dan perencanaan daripada membeli bahan makanan. Harga barang yang dibeli biasanya lebih tinggi, dan masa pakai lebih lama.

  1. Special Goods

Special goods atau produk khusus adalah barang yang memiliki nilai dan harga yang tinggi. Konsumen dapat dengan mudah mengenali mereka karena merek dan reputasi mereka dan umumnya cenderung membelinya. Produsen tentu memberikan perhatian khusus pada pemasaran produk-produk tersebut. Misalnya, produsen lebih memilih pasar sasaran bernilai tinggi daripada pasar umum. Misalnya menjual perhiasan dan mobil mewah.

  1. Unsought Goods

Unsought goods adalah barang yang dibeli konsumen tetapi tidak dipikirkan sebelumnya. Pembelian barang-barang tersebut didasarkan pada harapan akan hal-hal buruk, seperti kecelakaan atau kehilangan barang.

Barang yang tidak diinginkan biasanya tidak dibeli berulang kali dan hanya digunakan untuk kebutuhan tertentu, seperti asuransi kesehatan. 

Fast-Moving Consumer Goods (FMCG)

Salah satu kelompok terbesar atau klasifikasi barang konsumsi yang paling terkenal adalah barang yang termasuk dalam barang konsumsi cepat (fast moving consumer goods). Klasifikasi ini mencakup produk dengan masa konsumsi pendek, seperti makanan dan minuman, yang selalu bergerak cepat melalui rantai dari produsen ke konsumen.

Barang-barang yang termasuk dalam klasifikasi ini sangat populer di kalangan konsumen, oleh karena itu, pada produk FMCG, pergerakan barang sangat cepat dan memberikan peluang penjualan rak yang tinggi. Karena pergerakan yang besar ini, banyak perusahaan besar yang terlibat dalam industri fast moving consumer goods (FMCG) ini. 

Daftar Perusahaan Consumer Goods

Laju pertumbuhan consumer goods yang sedang berkembang diperkirakan baik. Ada beberapa perusahaan barang konsumen yang terkenal dan signifikan di Indonesia. Berikut adalah beberapa perusahaan barang konsumen Indonesia:

  • Wings Group
  • Indofood
  • Unilever Indonesia
  • Nestle Indonesia
  • Kapal Api Group
  • Ultrajaya
  • Frisian Flag
  • Mayora
  • Protect and Gamble Indonesia (P&G)
  • KAO Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Jadi ini adalah penjelasan lengkap tentang consumer goods. Ingatlah bahwa sebagai konsumen kamu juga harus memperhatikan kebutuhan lain. Sehingga kamu dapat selalu menjadi konsumen yang cerdas dan mengelola keuangan dengan baik. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again