1. DScovery

Content Specialist: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, Skill, dan Gajinya

Content specialist bertanggung jawab untuk membuat konten seperti artikel, video atau e-book yang bermanfaat dan kredibel untuk banyak orang. 

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar istilah content specialist? Apakah pekerjaan ini membuat konten atau mengelola konten?

Di era serba digital saat ini, teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu hingga melahirkan berbagai profesi. Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang profesi ini di platform yang mengiklankan lowongan kerja.

Apa arti content specialist sebenarnya dan apa fungsinya? Dalam hal itu, DailySocial.id akan menjelaskan semuanya.

Apa Itu Content Specialist?

Content specialist adalah orang yang meneliti konten dan tren konsumen, mengembangkan strategi konten, dan membuat konten untuk bisnis di media cetak dan digital. Mereka bekerja sama dengan tim desain dan pemasaran untuk memastikan konten menarik dan konsisten di seluruh platform media.

Untuk menjadi content specialist yang sukses, kamu perlu memperhatikan detail dan menjadi sangat kreatif.Content specialist yang berpengalaman harus menjadi pendongeng yang terampil dan memiliki pemahaman yang sangat baik tentang tren konsumen dan konten.

Tugas dan Tanggung Jawab Content Specialist

Content specialist lebih cenderung menggunakan konten untuk membangun merek dan mendorong keterlibatan customer.

1. Melakukan Penelitian

Tentu posisi ini membutuhkan riset untuk membuat konten yang kredibel. Misalnya, lakukan riset tentang konten yang relevan saat ini, cari sumber tepercaya, dan cek fakta.

2. Menulis Postingan Blog

Setelah penelitian, ahli konten menulis konten di posting blog sesuai dengan gaya bahasa menurut industri atau perusahaan.

3. Meningkatkan SEO Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah bagian penting dalam membangun bisnis.

Content specialist bertanggung jawab untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari situs web bisnis atau industri sehingga mendapatkan peringkat terbaik di halaman Google.

4. Mengembangkan Daftar Email dan Media Sosial

Peran ini juga bertanggung jawab untuk pengembangan email dengan mengirimkan buletin ke pengguna. Selain itu, tugasnya adalah mengembangkan media sosial dengan memposting secara rutin setiap hari.

5. Berkordinasi dengan Writer dan Designer

Untuk membuat posting dan buletin media sosial yang baik, spesialis konten perlu berkoordinasi dengan penulis dan desainer.

Peran ini harus berkonsultasi secara rutin dengan penulis dan desainer untuk mengembangkan konten sesuai jadwal.

Skill yang Harus Dikuasai

Profesi yang satu ini membutuhkan banyak keterampilan atau kemampuan untuk bekerja dengan baik.

1. Storytelling

Peran ini membutuhkan keterampilan bercerita yang baik untuk menyampaikan cerita yang baik kepada pengguna melalui konten.

2. SEO dan WordPress

SEO dan WordPress juga harus dipahami agar tidak bingung menggunakan konten melalui CMS (Content Management System).

3. Design dan Layout

Posisi ini memiliki penekanan tersendiri pada konten visual, jadi bukan hanya tentang konten tertulis. Jadi kedua keterampilan ini sangat penting.

4. Marketing

Seorang content specialist perlu memahami target pasar mereka, sehingga memiliki keterampilan marketing.

Gaji Content Specialist

Pengalaman 2 tahun :

Rp 7.400.000,-

/bulan

Pengalaman 2 - 5 tahun :

Rp 12.000.000,-

More Coverage:

/bulan

Pengalaman > 5 tahun :

Rp 14.000.000,-

/bulan

*Berdasarkan data tahun 2018 (angka gaji diatas merupakan kisaran)

Nah, demikianlah pengetahuan mengenai content specialist yang dapat menjadi referensi kamu. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again