1. DScovery

Contoh Analisis SWOT Lengkap Cara dan Manfaatnya

Analisis SWOT bisa dilakukan untuk berbagai hal demi mudahnya mengambil langkah dan mencari solusi saat menemui hambatan

Memulai langkah di dunia bisnis membutuhkan persiapan yang tepat dan strategi yang solid. Salah satu cara untuk menguji strategi tersebut adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis ini mencakup empat kuadran yang berisi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analisis SWOT ini adalah yang paling umum dilakukan sebelum memulai menjalankan sebuah projek.

Metode analisis SWOT diciptakan oleh seorang konsultan bisnis dan manajemen dari Amerika Serikat bernama Albert S. Humphrey pada tahun 1960-an saat bekerja di Stanford Research Institute (SRI) di California. Humphrey, yang awalnya adalah seorang ilmuwan teknik kimia dengan gelar dari University of Illinois, beralih ke bisnis dan manajemen sambil mengejar studi pascasarjana di bidang manajemen bisnis di University of Illinois of Harvard University.

Metode SWOT awalnya ditemukan ketika peneliti SRI mencoba untuk menentukan mengapa rencana bisnis tertentu mungkin secara konsisten gagal. Oleh karena itu, penemuan metode ini sejauh ini dianggap sebagai salah satu terobosan paling berguna bagi para pemula dan bisnis yang sedang berkembang.

Secara umum, analisis SWOT adalah metode analisis yang digunakan untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Keempat hal tersebut menjadi poin wajib dalam mengkaji potensi sebuah rencana  yang akan didirikan atau dirintis. Cara ini sering diterapkan di perusahaan, instansi atau organisasi, serta di beberapa proyek.

Analisis SWOT memberikan keuntungan bagi suatu perusahaan atau organisasi baik dalam tahap perencanaan maupun pengembangan. Di UKM misalnya, analisis ini bisa menentukan masa depan kelangsungan usaha. Hal utama yang akan dianalisis adalah faktor internal dan eksternal institusi.

Proses Melakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT lebih mudah dilakukan dalam menggunakan tabel matriks dari empat elemen SWOT. Hal ini dilakukan guna mempermudah diri dalam menemukan hubungan antara temuan evaluasi dari tiap elemen.

Matriks Proses analisis SWOT ((Sumber: http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2012201964SIBab2001/page23.html)

Beberapa contoh analisis SWOT

Contoh analisis SWOT pada Bisnis Usaha

Melalui analisis di atasdapat disimpulkan sederhananya UKM ini harus bersegera menyesuaikan riset pasar dan memaksimalkan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah terbentuk di forumnya. Pelayanan yang baik tentu berpengaruh besar bagi kenyamanan pelanggan agar mereka mau terus membeli produk yang dibutuhkan sesuai produk yang kita jual.

Contoh analisis SWOT pada kegiatan organisasi kampus

Melalui analisis di atas dapat disimpulkan, bahwa organisasi ini masih memiliki sumber daya manusia yang bisa dimaksimalkan untuk mengejar inovasi kegiatan di kala pandemi. Dukungan pejabat setempat seperti rektorat maupun dekanat di kampusnya bisa dijadikan peluang memaksimalkan kebutuhan program kerja.

Contoh Analisis SWOT terhadap Diri Sendiri

Kesimpulan yang dapat diambil dalam analisis ini adalah orang yang bersangkutan mungkin mengambil peluang dengan kemampuannya yang condong dalam akademik. Di masa depan, barangkali ia bisa menjadi seorang pengajar, periset, dan sejenisnya yang butuh kemampuan memanajemen di dan waktu.

Jika lingkungan masih terbuka untuk mengemukakan pendapat, kekhawatiran yang diberikan dapat diminimalisir dan tidak mencengah individu bersangkutan untuk menjalankan impiannya.

Itulah beberapa contoh dari anlisis SWOT yang bisa diterapkan di banyak hal.  Kamu bisa mencobanya untuk hal-hal lain bahkan sekadar pergi berlibur. Jika kamu terbiasa melakukan analisis terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, tentunya kamu akan lebih siap menghadapi berbagai rintangan bukan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again