1. DScovery

6 Contoh Cover Proposal dari Berbagai Jenis Kebutuhan

Di bawah ini adalah contoh cover proposal yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan atau acara tertentu. 

Proposal adalah perencanaan kegiatan yang akan dilakukan dalam bentuk catatan yang sistematis dan terperinci. Pengajuan proposal berdasarkan persetujuan dari pihak lain atau dapat digunakan untuk hibah (pemohon dan pendukung bekerja sama).

Jenis dari proposal itu sendiri tergantung pada kepentingan acara tersebut. Di bawah ini adalah contoh halaman cover proposal yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan tertentu. Inilah penjelasannya.

1. Contoh Cover Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah rancangan dalam bentuk rencana kerja sebelum menyelenggarakan suatu kegiatan atau acara ketika persetujuan dan sponsor harus diperoleh. Sebaliknya, isi proposal adalah untuk menyajikan rencana aksi baik secara individu maupun kelompok.

Berikut adalah contoh cover proposal kegiatan yang dapat digunakan, yaitu:

Sumber: Scribd

2. Cover Proposal Skripsi

Proposal skripsi adalah jenis proposal formal yang memiliki syarat-syarat pembuatannya sendiri (ada bentuk-bentuk tertentu). Proposal skripsi digunakan oleh mahasiswa untuk mendiskusikan penelitian mereka dalam disertasi.

Ada juga standar tertentu mengenai penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dll. Karena ini masih dalam bentuk proposal, isinya masih dalam bentuk pokok dan masih dalam bentuk draf.

Sumber: Academia Edu

3. Cover Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah suatu rancangan yang digunakan untuk membuat tesis, disertasi, dan lain halnya. Biasanya digunakan untuk meneliti sesuatu. Proposal ini dibuat untuk mempresentasikan kegiatan penelitian.

Jadi, bisa dibilang proposal penelitian lebih merupakan dokumen yang mengusulkan proyek penelitian di bidang sains atau pendidikan tinggi. Proposal itu sendiri dievaluasi baik dari segi biaya maupun potensi dampak penelitian.

Proposal ini bersifat ilmiah dan disusun secara sistematis sedemikian rupa sehingga kalimat-kalimatnya jelas sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian.

Sumber: Scribd

4. Cover Proposal Usaha

Proposal usaha adalah rancangan yang disiapkan oleh seorang pengusaha untuk pengembangan usahanya, salah satunya terkait dengan proyek baru yang direncanakan. Pengusaha sendiri membuat saran yang isinya mencakup strategi dan tujuan yang ada.

Proposal ditulis dengan rapi dan terstruktur, intinya proposal ini adalah business plan. Berikut contoh cover proposal usaha yang bisa digunakan yaitu:

Sumber: Scribd

5. Cover Proposal Pengajuan Dana

Proposal pengajuan dana adalah proposal untuk meminta dukungan dalam bentuk dana tertentu, produk, program atau layanan, dan lainnya. Bentuk proposal bervariasi sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Secara keseluruhan proposal ini berisi informasi, statistik dan argumentasi yang meyakinkan. Berikut adalah contoh cover proposal pengajuan dana, yaitu:

Sumber: Scribd

6. Contoh Cover Proposal Seminar

Proposal seminar adalah rancangan yang dibuat oleh mahasiswa ketika mereka mempresentasikan isi karya penelitian mereka secara singkat dan hanya secara selektif dan yang juga harus memasukkan masalah dalam karya penelitian.

Proposal ini juga dapat dianggap sebagai seminar proposal. Berisi Bab 1-3 yang nantinya akan disampaikan kepada dosen pembimbing dan dosen penguji. Tidak semua seminar seminar digunakan sebagai bukti penting prestasi di perguruan tinggi atau dalam kuliah.

Namun, ada departemen yang mengharuskan mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam seminar presentasi. Berikut adalah contoh cover proposal seminar yang bisa digunakan yaitu:

Sumber: Scribd

Nah, itulah beberapa contoh dari cover proposal dalam berbagai jenis. Semoga contoh di atas dapat membantumu membuat cover proposal dengan baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again