1. DScovery

5 Contoh Fotografi Estetik, Simple dan Sederhana

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui 5 (lima) contoh fotografi estetik yang mudah namun memiliki hasil yang sangat indah.

Ada dua sisi yang dikaji dalam fotografi, yaitu sisi teknis yang berkaitan dengan sains dan juga sesi seni yang berkaitan dengan rasa dan karsa yang berhubungan dengan aspek keindahan. Sisi seni pada dunia foto ini kemudian menghasilkan karya dalam bentuk foto estetik. 

Estetik atau “aesthetic” sendiri ialah kata sifat yang tertuju pada keindahan dari sebuah objek baik alami maupun buatan. 

Pada era saat ini, sudah banyak sekali orang-orang yang mulai menerapkan foto estetik ini pada media sosial mereka masing-masing, salah satunya yaitu Instagram, tempat dimana khalayak umum untuk mengunggah foto hasil mereka.

Contoh Fotografi Estetik

Foto estetik adalah konseptualisasi ide yang ada dalam pikiran kemudian ide tersebut dituangkan ke dalam pemotretan. 

Namun, foto estetik ini sedikit membutuhkan usaha yang lebih karena hasilnya yang akan dianggap berkelas dibandingkan dengan foto dokumentasi biasa. 

Berikut ini adalah contohnya:

Foto Candid

Foto Candid / wikipedia.org

Saat berpose untuk fotografi estetika dalam gaya candid, tujuannya adalah untuk mengabadikan momen alami dan spontan. Fotografer dapat menggunakan teknik seperti depth of field yang dangkal dan pencahayaan alami untuk menciptakan gambar yang menarik secara visual. 

Foto Dalam Cafe

Foto Cafe / EyeEm

Pemilihan lokasi yang menarik secara visual di dalam kafe, seperti sudut yang nyaman atau meja yang terang benderang, merupakan hal yang penting. Kamu dapat berpose dengan cara yang terasa natural dan nyaman, seperti menyeruput kopi atau membaca buku.

Foto Dekat Jendela

Foto Jendela / flickr.com

Kamu dapat memposisikan diri dengan cara yang memanfaatkan cahaya alami, seperti menghadap ke jendela atau menggunakan cahaya untuk menciptakan bayangan yang menarik. Kamu dapat berpose dengan cara yang terasa natural dan nyaman, seperti melihat ke luar jendela atau membaca buku. 

Foto Hitam Putih

Foto Hitam Putih / satuviral.com

More Coverage:

Fotografi estetik dengan tema hitam dan putih dapat menciptakan efek dramatis. Fotografer dapat menggunakan pencahayaan dan kontras untuk menyempurnakan efek monokrom dan menciptakan kesan yang dalam.

Foto Menghadap Langit

Foto Langit / weheartit.com

Saat berpose dengan tujuan memamerkan langit, pastikan kamu memilih lokasi dengan pandangan langit yang tidak terhalang, seperti lapangan terbuka atau atap. Kamu dapat berpose seperti memandang ke langit atau memegang objek yang kontras dengan warna langit. 

Demikianlah contoh-contoh fotografi estetik, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again