1. DScovery

6 Contoh Mind Mapping Inspiratif yang Wajib Kamu Coba

Menurut penelitian Dr. Tsyrkunova di tahun 2013, mind mapping efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis lho!

Istilah mind mapping dapat diartikan dari dua kata yaitu mind dan mapping yang berasal dari bahasa Inggris. Kata mind berarti berpikir dan mapping berarti pemetaan.

Sederhananya, mind mapping adalah pemetaan pikiran.

Kehadiran mind mapping selalu dikaitkan dengan kreasi dan seni menulisnya. Hal ini diperlukan untuk membantu kita memahami konsep yang terkandung dalam peta pikiran. Apalagi bagi orang yang memiliki gaya belajar visual, mind mapping tentunya menjadi metode pembelajaran yang sangat efektif.

Poin penting saat menulis mind mapping adalah adanya topik utama dan cabang-cabangnya. Topik utama mewakili judul konsep yang akan dipahami, sedangkan cabang-cabang peta pikiran menunjukkan sub-bab yang akan dicermati.

Dekorasi dan kreasi diperlukan untuk memudahkan pemahaman. Namun, jangan sampai dekorasi dan kreasi tersebut terlalu sulit untuk Anda dan memakan waktu terlalu lama. Mengenai pertanyaan yang sering diajukan, dapat disepakati bahwa pembuatan peta pikiran harus berjalan seiring dengan kepekaan rasa seni. Harapannya adalah untuk memunculkan ide presentasi yang kreatif.

Selain itu, kepekaan artistik sangat penting dalam penciptaan karena potensi keunikan dibangun melalui citra ilustrasi, warna, gaya penulisan dan penekanan pada mind mapping.

Di sisi lain, ada juga mind mapping yang disusun secara sederhana atau simpel dan kreatif.

Contoh Mind Mapping yang Dapat Dijadikan Referensi

Mind mapping tidak harus hanya berisi teori atau materi. Selain itu, mind mapping itu sendiri dapat mencakup ide, rencana proyek, dan ringkasan hasil pekerjaan.

Tidak heran mind mapping didekati dari perspektif yang berbeda. Berikut adalah beberapa contoh mind mapping yang dapat digunakan:

Mind Mapping Pohon

Canva

Jenis pemetaan pikiran yang paling umum adalah treemind mapping. Membuat treemind mapping pohon tentu tidak mudah.

Kamu membutuhkan kreativitas tingkat tinggi untuk membuat tree mind mapping terlihat menarik.

Tree mind mapping sendiri merupakan jenis mind mapping yang sangat sederhana dibandingkan dengan mind map lainnya.

Tidak hanya sederhana tree mind mapping, tetapi juga sangat mudah dibuat karena yang harus kamu lakukan hanyalah mendesain yang sebaliknya dapat dengan mudah dibuat oleh orang dan digunakan dalam berbagai bahan. Saat tree mind mapping, gambar pohon itu sendiri bisa dijadikan topik diskusi.

Pada saat yang sama, gambar cabang, akar atau daun dapat digunakan sebagai subjek penting.

Mind Mapping Sekolah

Canva

Ada berbagai jenis yang dapat kamu temukan dalam mind mapping untuk kategori sekolah. Mind mapping yang akan dibuat dapat disesuaikan dengan materi yang akan diedit.

Misalnya, jika kamu menginginkan tema kesehatan, kamu dapat membuat mind mapping sendiri dengan template yang berbau kesehatan.

Tentunya mind mapping sekolah itu sendiri harus lebih menarik, karena di dalamnya banyak materi yang perlu dikuasai dan dipahami.

Saat membuat mind mapping sekolah, usahakan agar bentuk yang kamu pilih terlihat sederhana, namun dengan banyak kombinasi warna. Tidak hanya mudah dipahami dengan cara ini, tetapi tentunya juga lebih mudah mengingat poin-poinnya.

Dan setelah kamu terbiasa dengan mind mapping sekolah, itu juga dapat diterapkan pada mind mapping aspek lainnya.

Mind Mapping Sederhana

Canva

Jika kamu memang tidak menyukai hal-hal rumit, mind mapping sederhan bisa menjadi pilihan. Mind mapping sederhana ini dapat dibuat dengan berbagai cara dan gaya.

Katakan saja dengan tipe yang terlalu banyak inspirasi. Hal ini dirancang hanya untuk beberapa poin dan formatnya tidak rumit bahkan untuk kategori mind mapping sederhana.

Membuat mind mapping sederhana sebenarnya tidak sesulit membuat mind mapping jenis lain. Karena yang harus kamu lakukan adalah membuat beberapa kolom dan kemudian menggabungkannya.

Kamu juga bisa menambahkan mind mapping sederhana yang dibuat dengan perpaduan beberapa warna agar terlihat lebih menarik.

Mind Mapping Diri Sendiri

Canva

Kamu akan menemukan banyak contoh bagaimana mind mapping diri sendiri.

Jika kamu masih bingung, mind mapping ini sendiri merupakan mind mapping untuk membantu kamu belajar. Atau bisa juga diartikan sebagai peta pikiran untuk memperkenalkan diri.

Jadi ketika berbicara tentang mind mapping tentang diri sendiri, ada beberapa cara, seperti mind mapping tentang hasrat mu atau mind mapping bagaimana kamu terhubung dengan lingkungan di sekitar.

Ini juga bisa menjadi contoh membayangkan struktur keluarga yang mungkin tersebar dan sulit untuk diingat. Saat melakukannya, kamu bisa menggunakan bentuk yang menarik. Ucapkan dalam bentuk kartu konsep bergaris atau kartu konsep sederhana lainnya.

Namun, jika ingin membuatnya lebih menarik, jangan lupa berikan warna cerah dan tambahkan bentuk-bentuk unik lainnya.

Mind Mapping Visi dan Misi Hidup

Canva

Sangat penting untuk membuat mind map yang memuat visi dan misi hidup agar pencapaian tertinggi setiap orang dapat diketahui sudah seberapa besar pencapaiannya.

Ini akan memberi kamu lebih banyak informasi tentang seberapa keras kamu berjuang untuk pencapaian yang telah diperoleh. Oleh karena itu, pembuatan mind mapping ini juga harus dilakukan dengan baik dan benar.

Dalam membuat mind mapping ini, ada dua hal penting yang terpisah dan berbeda dalam visi dan misi hidup yang harus diperhatikan. Poin pertama adalah visi hidup dan poin kedua adalah misi hidup. Kedua hal ini harus digarap secara terpisah agar mudah memisahkan visi dan misi dari kehidupan kita sendiri.

Jika ya, jangan lupa sertakan subpoin yang memuat visi dan misi dalam hidup Anda yang harus dicapai.

Mind Mapping Bisnis

Canva

Bisnis saat ini menjadi topik yang hangat diperdebatkan. Jika kamu ingin membuat konsep bisnis atau laporan proyek, kamu bisa mengandalkan mind mapping sebagai rangkuman.

Membuat mind mapping memudahkan kamu memahami dan menjelaskan konsep atau laporan bisnismu. Dapat dikatakan bahwa mind mapping adalah salah satu solusi terbaik bagi mereka yang ingin mempelajari proyek atau laporan dengan mudah dan cepat.

Kamu juga dapat membebaskan imajinasi mu dan dapat membuat mind mapping yang serius, sederhana, atau penuh kreativitas.

Umumnya, mind mapping bisnis biasanya dibuat dengan animasi tertentu atau tema natural. Namun, kamu tetap bisa membuat mind map bisnis hanya dengan beberapa baris dan beberapa kolom saja.

Nah, itulah contoh-contoh mind mapping yang dapat kamu gunakan untuk memulai berkreasi menciptakan konsep mind mapping mu sendiri. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again