1. DScovery

Contoh Motivation Letter, Format, dan Cara Membuat yang baik dan benar

Motivation letter merupakan salah satu syarat yang diperlukan ketika melamar pekerjaan atau mendaftar beasiswa.

Motivation letter biasanya dijadikan sebagai salah satu syarat saat melamar kerja maupun mendaftar beasiswa. Meskipun terdengar sama, tetapi motivation letter berbeda dengan cover letter.

Meski sama-sama dijadikan sebagai syarat dalam melamar kerja, namun cover letter biasanya berisi mengenai keahlian dan pengalaman yang telah dicapai oleh pelamar. Sementara motivation letter biasanya berisi hal-hal yang membuat pelamar termotivasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Nah, dalam artikel ini, DailySocial.id telah merangkumkan tips menulis motivation letter beserta contohnya.

Struktur Motivation Letter

Seperti surat pada umumnya, motivation letter juga memiliki struktur penulisannya. Berikut penjelasan lengkap mengenai struktur penulisan motivation letter.

Pembuka

Bagian pembuka motivation letter berisi salam dan perkenalan diri. Selain itu, bagian ini juga berisi data diri penulis, seperti nama lengkap, nama panggilan, tanggal lahir serta domisili.

Isi

Umumnya, motivation letter memiliki batas kata yang telah diberikan. Oleh sebab itu, isi motivation letter tidak boleh bertele-tele. Beberapa hal yang penting dicantumkan dalam isi motivation letter, seperti alasan dan motivasi, tujuan, serta prestasi yang pernah dicapai.

Penutup

Bagian penutup motivation letter dapat berupa ringkasan kembali mengenai isi ataupun cukup berupa ucapan terima kasih dan salam penutup yang sederhana.

Contoh Motivation Letter

Contoh Motivation Letter dalam Bahasa Indonesia

Kepada tim HRD yang terhormat,

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya pada posisi content specialist di Maju Agency. Saya memiliki pengalaman membangun situs konten berbasis teknologi yang besar dan berfokus pada konsumen. Meskipun sebagian besar pengalaman saya di dunia bisnis, saya memahami nilai sosial dari sektor ini dan saya yakin bahwa pengalaman bisnis saya akan menjadi aset bagi perusahaan Anda.

Tanggung jawab saya mencakup pengembangan dan pengelolaan termasuk editorial situs web, kalender editorial, pemrograman konten harian, dan produksi untuk berbagai situs.

Pengalaman telah mengajari saya bagaimana membangun hubungan yang kuat dengan semua departemen dalam sebuah organisasi. Saya memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim maupun lintas tim. Saya dapat bekerja dengan teknisi web untuk menyelesaikan masalah teknis dan menerapkan peningkatan teknis.

Saya yakin bekerja dengan departemen pengembangan untuk menerapkan peningkatan desain dan fungsional, serta memantau statistik situs, dan melakukan pengoptimalan mesin telusur.

Terima kasih atas pertimbangan Anda.

Nadhira

Contoh Motivation Letter dalam Bahasa Inggris

Dear Hiring Manager,

My name is Louis Parkinson, and I am writing to express my interest in applying for the Copywriter at your company. I have been working toward the goal of having a career in the advertising industry and helping it attain its goals.

The job position for a copywriter that you have advertised matches well with the skills that I have acquired during my time at my previous company. My areas of expertise and passions are content analysis, project management, and research. In addition to being my passions, these skills are the foundation for any project management professional.

As a copywriter, I understand where the company should be focusing its efforts. My experience and deep skillset will launch your company forward into the next decade.

My resume is attached. If you have any questions or if you would like to schedule an interview, please call me at [phone]. I look forward to meeting you to talk further about employment opportunities at your company.

Sincerely,

Louis Parkinson

Tips Menulis Motivation Letter

Jika sudah melihat contoh motivation letter di atas, berarti ini saatnya untuk kamu mulai menulisnya. Sebelum menulis motivation letter, perhatikan beberapa tips dalam menulisnya sebagai berikut.

1. Perhatikan Diksi dan Gaya Kepenulisan

Penulisan motivation letter sebaiknya menggunakan gaya penulisan yang santai agar tidak terkesan kaku. Kamu juga bisa menggunakan gaya storytelling agar pembaca tidak bosan dengan narasi yang kamu buat.

2. Kenali Diri Kamu Sendiri

Sebelum menulis motivation letter, kamu perlu mengenali dirimu terlebih dahulu, agar kamu memahami apa yang ingin kamu tulis. Renungkan sebentar mengenai apa yang menjadi tujuan dan motivasimu untuk meraih posisi tersebut.

3. Lakukan Riset terhadap Perusahaan atau Lembaga yang Kamu Tuju

Selain mengenali diri sendiri, kamu juga perlu mengenali perusahaan atau lembaga yang kamu tuju. Sebab, hal ini akan berguna agar kamu dapat menentukan target dan capaian yang ketika diterima.

4. Buatlah Kerangkanya Terlebih Dahulu

Jika masih bingung dalam menulis motivation letter, kamu bisa membuat kerangkanya terlebih dahulu. Tuliskan beberapa poin yang ingin kamu tuankan dalam motivation letter-mu, dengan tetap mengacu pada strukturnya.

5. Periksa Kembali Tulisanmu

Hal yang tidak kalah penting adalah memeriksa tulisanmu kembali sebelum mengirimkannya. Kamu bisa melakukannya sendiri atau juga meminta bantuan temanmu untuk melakukannya.

Demikian tips beserta contoh penulisan motivation letter. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menulis motivation letter versimu sendiri. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again