1. DScovery

3 Contoh Pidato Singkat dalam Berbagai Tema dan Topik

Sebuah pidato harus memuat isi yang sesuai dengan tema atau topik yang dibawakan.

Pidato merupakan kegiatan berbicara di depan publik untuk menyampaikan suatu gagasan agar didengar oleh orang lain.

Umumnya, pidato dilakukan dalam rangka atau acara tertentu. Isi dari pidato yang disampaikan pun juga bermacam-macam, tergantung tema yang sedang dibawakan.

Nah, berikut adalah beberapa contoh pidato singkat dalam berbagai tema dan topik untukmu!

Jenis-Jenis Pidato

Pidato Informatif

Pidato informatif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah informasi atau pengetahuan baru kepada pendengar. Beberapa contoh pidato informatif, seperti materi kuliah, ceramah, laporan ilmiah, dan lain sebagainya.

Pidato Argumentatif

Pidato argumentatif adalah pidato yang berisi argumen dengan tujuan untuk menolak atau mendukung sebuah pernyataan. Dalam pidato jenis ini dibutuhkan data-data atau bukti-bukti yang konkrit agar argumen yang dikeluarkan memiliki kekuatan.

Pidato Rekreatif

Pidato rekreatif adalah jenis pidato yang biasanya menyuguhkan sebuah kegembiraan. Pidato jenis ini biasanya digunakan untuk menciptakan suasana yang santai diselingi dengan berbagai humor atau lelucon yang dapat membuat pendengarnya tertawa.

Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk memengaruhi pendengarnya agar melakukan suatu tindakan tertentu. Pidato jenis ini sering dilakukan oleh politisi pada saat kampanye untuk mendapatkan suara dari masyarakat.

Struktur Naskah Pidato

Sebuah naskah pidato terdiri dari 3 strukur utama, yakni:

Pembukaan

Dalam pembukaan pidato biasanya berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, rasa syukur dan pengantar ke topik utama. Bagian ini harus dimulai dengan karakter yang kuat agar dapat menarik perhatian pendengarnya.

Isi

Bagian isi berisi informasi mengenai topik yang dibahas dalam pidato. Isi pidato biasanya diselingi dengan data atau fakta pendukung untuk memperkuat argumen yang disampaikan.

Penutup

Bagian terakhir adalah penutup yang biasanya berisi kesimpulan dari hal-hal yang telah disampaikan. Selain itu, pada bagian ini seorang orator juga berkesempatan untuk menyampaikan permintaan maaf dan terima kasih kepada pendengarnya.

Contoh Pidato

Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang terhormat kepala sekolah, Bapak/Ibu Guru dan staf Tata Usaha

serta siswa-siswi yang saya cintai

Di siang hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat jasmani maupun rohani.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara kita telah menemukan fakta baru yakni jumlah pengguna narkoba yang begitu besar.

Karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia secara leluasa untuk menyebarkan obat-obat terlarang ini di negara kita.

Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif sejenis ini tentu membawa dampak yang luas dan kompleks bagi kita semua.

Salah satu contoh dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Namun, Bapak/Ibu serta siswa-siswi sekalian, sebenarnya penyalahgunaan narkoba ini dapat sama-sama kita cegah melalui program-program yang telah banyak diadakan oleh pemerintah maupun lembaga sosial dan kelompok-kelompok sosial.

Program ini seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba.

Karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba-coba suatu hal yang baru, pengguna narkoba di negara kita pun didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Selain kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah saya sebutkan, sebenarnya pihak sekolah juga telah sering memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP,  kemudian melalui diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi serta seminar-seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah.

Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program di sekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai di sekolah, mereka tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa.

Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga.

Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menuntut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini, apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Singkat Tentang Kegunaan Internet

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat.

Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini.

Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini.

Di zaman sekarang ini, internet tentunya telah menjadi hal yang bisa dibilang paling banyak dilakukan. Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita.

Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini. Dahulu internet jarang dipakai.

Namun, sekarang internet sudah banyak yang memakai. Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi.

Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa. Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita.

Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan,tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas.

Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman,sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang. Dahulu,teknologi internet hanya bisa menggunakan ponsel.

Namun,sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer.

Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet. Sekarang, di zaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Jadi, manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Sekarang laptop, ponsel, dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet.

Harapan saya, semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya.

Wasalamualaikum Wr. Wb

Contoh Pidato tentang Pendidikan Moral

Assalamualaikum wr, wb

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,

Pada hari ini marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan ridho yang telah Dia berikan, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini.

Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan ini mempunyai tema pentingnya pendidikan moral.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,

Akhir-akhir ini kita seringkali melihat perilaku buruk yang dilakukan seluruh elemen masyarakat kita, entah itu dari kalangan menengah, kalangan menengah ke atas, sampai ke para pejabat kita.

Adapun perilaku buruk yang mereka lakukan antara lain pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, penipuan, penyalahgunaan narkotika, dan tindak pidana korupsi.

Semua perilaku buruk itu telah mengakibatkan kerugian yang banyak untuk negara ini, baik kerugian secara moral maupun secara material.

Perilaku-perilaku buruk tersebut disebabkan karena lemahnya moral yang ada di masyarakat kita.

Hingga tak heran, jika perilaku-perilaku buruk tersebut masih banyak dilakukan dan sulit dilakukan.

Salah satu cara atau upaya supaya kita dapat meminimalisir hal tersebut adalah dengan diselenggarakannya pendidikan moral.

Pendidikan moral sendiri merupakan pendidikan yang berbasis kepada pengembangan moral dari para peserta didik, sehingga peserta didik mempunyai moral yang baik disamping mempunyai otak yang cerdas.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk mengaplikasikan pendidikan moral kepada anak-anak kita adalah dengan menjadikan kita sebagai teladan yang bermoral baik dihadapan anak-anak kita.

Selain itu, pengajaran nilai-nilai moral juga mesti ditanamkan kepada anak-anak kita sejak dini.

Proses pengajarannya mesti dilakukan semenarik mungkin dan libatkan sang anak dalam proses pembelajaran, supaya pembelajaran nilai-nilai moral tidak berjalan satu arah, dan anak-anak merasa terlibat, serta jauh lebih paham terkait nilai-nilai moral yang mesti dianut.

Mungkin proses pendidikan moral yang dijalankan tidaklah singkat dan mudah. Namun, hasil yang didapat sangat setimpal dari lama dan sulitnya proses pendidikan moral tersebut.

Untuk itu, marilah kita terapkan pendidikan moral kepada anak-anak kita sejak saat ini, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di berbagai instansi pendidikan.

Dengan begitu, anak-anak kita nantinya akan menjadi generasi yang cerdas dan bermoral baik, sehingga perilaku-perilaku buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini tidak dilakukan oleh generasi yang akan datang.

Mungkin hanya itu saja yang mampu saya sampaikan pada pidato singkat kali ini.

Dengan segenap kerendahan hati, saya memohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan di dalam pidato yang saya sampaikan ini.

Semoga rahmat dan ridho-Nya senantiasa ada bersama kita. Amin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum wr. wb.

Nah, itulah beberapa contoh pidato dari berbagai tema dan topik yang bisa menjadi referensimu. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again