1. DScovery

Contoh Proposal Skripsi, Hal-hal yang Perlu Dikupas Hingga Sistematika Penulisannya

Berikut kami sertakan penjelasan mengenai proposal skripsi yang dapat membantu kamu menyusunnya dengan baik dan benar.

Sebagai mahasiswa, selain mengenal karya ilmiah, kamu tentunya juga mengetahui tugas akhir berbentuk proposal skripsi. Untuk mahasiswa di tahun akhir, proposal skripsi merupakan masalah penting yang harus segera diselesaikan.

Hal ini dikarenakan proposal skripsi ini merupakan langkah awal dalam pembuatan tesis. Diantaranya memuat hal-hal diantaranya:

• Topik

• Latar belakang permasalahan

• Rumusan masalah

• Tujuan penelitian

• Metode penelitian

• Penelitian terkait

Secara umum, poin-poin di atas sudah termasuk dalam proposal. Ketika proposal disertasi dibuat atau disiapkan, proses berikut harus dicoba. Ini memungkinkan kita untuk mengetahui apakah topik proposal skripsi itu bermanfaat atau tidak.

Nah, kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahasnya secara detail. Berikut penjelasannya.

Proses Penyusunan Proposal Skripsi

Seperti disebutkan di atas, tahap pertama tesis adalah penyusunan proposal. Saat menyusun, mahasiswa diperbolehkan untuk mempresentasikan topik.

Secara umum, bagian-bagian proposal skripsi terdiri dari tiga bagian;

• Bagian Awal

• Bagian Pokok

• Bagian Akhir

Bagian terpenting dari ketiga bagian tersebut adalah bagian pokok, yang menggambarkan rencana penelitian secara keseluruhan.

Bagian awal meliputi lembar sampul, halaman persetujuan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Bagian pokok terdiri dari pendahuluan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian dan penelitian terkait. Sedangkan bagian terakhir hanya berisi daftar pustaka.

Sistematika Penulisan Proposal Skripsi

1. Bagian Awal

Cover Proposal

Cover proposal adalah halaman judul yang kita lihat berisi judul proposal skripsi, nama penulis, nomor induk mahasiswa, lambang universitas, bidang studi, nama fakultas, nama universitas, nama daerah dan tahun pembuatan.

Lembar Judul

Tidak semua universitas atau perguruan tinggi menggunakan ini, lembar judul hanya berisi selembar kertas dengan judul proposal skripsi.

Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan terdiri dari satu halaman yang ditandatangani oleh ketua fakultas dan ketua jurusan. Artinya, proposal tersebut telah disahkan atau diterima secara administratif. Namun, di banyak universitas, skripsi tidak memerlukan lembar pengesahan, hanya perlu ACC dari dosen pembimbing saja.

Daftar Isi

Daftar isi adalah daftar halaman dari isi proposal skripsi yang dapat ditemukan lebih mudah oleh pembaca atau penguji yang ingin mencari suatu pembahasan.

Daftar Tabel

Daftar tabel merupakan daftar judul tabel yang terdapat pada proposal skripsi. Daftar tabel berguna untuk memudahkan pembaca atau pihak terkait menemukan pembahasan.

Daftar Gambar

Daftar gambar adalah panduan untuk semua gambar yang termasuk dalam proposal skripsi. Jika proposal tidak berisi gambar, sebaiknya jangan menambahkan daftar gambar.

Daftar Lampiran

Daftar lampiran mencakup semua lampiran yang berkaitan dengan proposal penelitian. Terlampir adalah hal-hal biasa seperti surat penelitian, file, dan lainnya.

2. Bagian Pokok

BAB I

Bab 1 merupakan bab yang berisi pendahuluan sebagai latar belakang, rumusan masalah, definisi masalah, tujuan penelitian dan kegunaan penelitian.

BAB II

Bab 2 berisi landasan teori atau penelitian kepustakaan, disarankan untuk tidak memasukkan mata pelajaran yang kurang penting dalam bagian ini.

BAB III

Bab 3 merupakan bab yang meliputi metode penelitian, lokasi penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan, analisis data dan analisis sistem.

3. Bagian Akhir

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi literatur atau sumber yang kamu gunakan dalam proposal skripsi. Referensi yang digunakan bermacam-macam, bisa majalah, buku, majalah, surat kabar atau dari internet.

Lampiran

Lampiran adalah halaman yang berisi bukti atau dukungan untuk proposal penelitian, yang dapat berupa scanan atau fotokopi file terkait.

Langkah Membuat Proposal Skripsi

More Coverage:

Di bawah ini adalah pedoman pembuatan proposal skripsi yang baik dan benar. Kamu dapat mengikuti langkah demi langkahnya.

• Topik penelitian adalah hal terpenting yang perlu kamu tentukan. Kamu bisa mendapatkan ide di mana saja, kamu bisa membaca tesis orang lain, membaca majalah atau berita di media massa. Namun, akan lebih baik jika kamu mempersiapkannya sejak awal semester pertama.

• Cari referensi sebanyak-banyaknya, sumber bahannya bisa berupa buku, majalah dan sumber bacaan lainnya. Sumber referensi yang baik sangat mendukung kualitas penelitian yang dilakukan.

• Tentukan rumus masalah di latar belakang atur sedemikian rupa sehingga kamu mendapatkan apa yang ingin kamu gunakan sebagai masalah.

• Mengembangkan metode penelitian sebagai langkah dalam menjawab masalah.

• Tentukan judul skripsi yang ingin diajukan, buat yang menarik dan cocok dengan topik yang diajukan.

• Setelah semua langkah berhasil diselesaikan, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan proposal sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan.

• Jangan lupa semua acara yang ada didiskusikan dengan dosen pembimbing.

Contoh Proposal Skripsi

Nah di bawah ini kami akan menaruh link yang akan memudahkan kamu melihat berbagai macam contoh proposal skripsi untuk referensi kamu. Semoga artikel ini membantu!

Contoh Proposal Skripsi dari Program Studi Manajemen Pendidikan : https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2527/1/HILDA%20INDRIA%20SARI-FITK.pdf

Contoh Proposal Skripsi dari Program Studi Ekonomi dan Bisnis: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/6661-Full_Text.pdf

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again