1. DScovery

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan, Lengkap dengan Struktur dan Tips Membuatnya

Jangan lupa untuk menerapkan contoh dan tips menulis surat lamaran kerja berikut saat kamu hendak melamar kerja.

Perkembangan teknologi yang serba canggih membuat berbagai hal dapat dilakukan secara digital, termasuk dalam hal melamar pekerjaan. Kamu bisa melamar suatu pekerjaan dengan menyertakan berbagai berkas pendukungnya secara cepat dengan menggunakan email.

Namun, ternyata ada beberapa perusahaan yang masih mensyaratkan agar surat lamaran pekerjaan yang dilampirkan ditulis dengan tangan. Hal inilah yang tak jarang menjadi tantangan baru, sebab surat lamaran pekerjaan yang ditulis manual dengan tangan harus lebih diperhatikan agar tetap rapi dan mudah dibaca.

Namun, jangan khawatir, sebab Daily Social akan membagikan beberapa contoh surat pekerjaan yang ditulis tangan serta struktur dan tips membuatnya untukmu. Simak seluruh penjelasan tersebut dalam artikel ini!

Struktur Surat Lamaran Kerja

Seperti surat resmi pada umumnya, surat lamaran kerja juga memiliki beberapa struktur yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa struktur lamaran kerja yang perlu diperhatikan.

Tempat Tanggal Penulisan Surat

Tempat dan tanggal penulisan surat harus ditulis pada bagian sudut kanan atas. Dalam penulisannya, harus diperhatikan tanpa menambahkan titik, karena penulisan tempat dan tanggal bukan termasuk ke dalam kalimat.

Nomor Lampiran

Nomor lampiran biasa dituliskan di sebelah kiri atas. Hal ini biasanya berisi jumlah dokumen yang akan dilampirkan atau bisa juga berisi maksud dan tujuan penulisan surat.

Nama Posisi atau Jabatan Rekruiter

Bagian ini berisi nama penerima surat dan alamat perusahaan yang dituju. Jika kamu tidak mengetahui kepada siapa surat tersebut akan ditujukan, maka kamu bisa menuliskan jabatannya saja.

Salam Pembuka

Salam pembuka biasanya berupa kalimat untuk mengawali surat, seperti “Dengan hormat”.

Kata Pengantar

Sementara kata pengantar merupakan bagian setelah salam pembuka yang digunakan sebagai pengantar sebelum isi. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan sumber informasi dari mana kamu mengetahui lowongan tersebut berasal.

Biodata Pribadi

Pada bagian isi, kamu perlu menuliskan biodata pribadimu. Beberapa hal yang perlu dicantumkan, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, kontak, dan informasi lain yang dianggap perlu.

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan perlu dituliskan untuk menjelaskan alasan dan motivasi untuk melamar pada posisi yang kamu tuju di perusahaan tersebut.

Pengalaman Kerja dan Skill

Bagian ini merupakan salah satu bagian paling penting yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja. Pada bagian ini, cantumkan pengalaman dan skill yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Lampiran

Lampiran merupakan keterangan tentang kelengkapan berkas yang kamu lampirkan sebagai syarat melamar kerja. Umumnya, pelamar diminta untuk melapirkan beberapa dokumen tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Penutup

Pada bagian penutup, tuliskan harapanmu agar dapat diterima di perusahaan tersebut serta ucapan terima kasih.

Tanda Tangan

Terakhir, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan disertai dengan nama terangmu.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Setelah kamu mengetahui struktur surat lamaran kerja yang perlu harus dipenuhi, maka kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut agar surat lamaran kerjamu menarik di mata rekruiter.

  • Pastikan kamu menulis nama perusahaan secara benar dan spesifik.
  • Tuliskan surat lamaranmu secara singkat dan padat dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele.
  • Pastikan surat lamaranmu rapi dan mudah dibaca, terutama pada surat lamaran kerja yang ditulis secara manual menggunakan tangan.
  • Pastikan kembali seluruh tulisanmu sudah benar tanpa ada pengejaan dan tanda baca yang salah. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memastikannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan PT

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Admin Sosial Media

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Rapi

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Web Desainer

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Teknisi

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Bahasa Inggris

Nah, itulah beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa kamu jadikan pedoman. Jangan lupa juga untuk memperhatikan dan menerapkan struktur dan tips menulisnya agar surat lamaran kerjamu dianggap menarik di mata rekruiter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again