Categories

Berita

CookPad Akuisisi Penuh DapurMasak, Peroleh 60% Sisa Kepemilikan Senilai $600.000

Avi Tejo Bhaskoro - 22 April 2014

DapurMasak yang merupakan pemenang Sparxup 2012 menjadi startup berikutnya yang diakuisisi oleh pihak asing. Setelah bulan Januari lalu baru saja bermitra dengan CookPad, yang ternyata pengambilalihan 40% saham tanpa menyebutkan nilai pembeliannya, DapurMasak secara resmi telah diakuisisi oleh CookPad. Cookpad yang merupakan situs berbagi resep kuliner terbesar asal Jepang membeli sisa kepemilikan 60% di DapurMasak senilai $600 ribu (mendekati Rp 7 milyar dengan kurs hari ini).

Seperti dikutip dari diterbitkan oleh situs VentureNow dalam bahasa Jepang, baik CookPad maupun DapurMasak melalui joint-venture yang baru saja disepakati ini keduanya sepakat untuk mengekspansi layanan berbagi resep di pasar Indonesia yang dinamis. CEO DapurMasak Soegianto yang kami hubungi melalui telepon menyebutkan DapurMasak akan tetap fokus melayani masyarakat Indonesia, dengan entitas yang sama, dengan membangun platform terbaik untuk berbagi kebahagiaan melalui masakan.

Soegianto mengatakan pihaknya tidak akan menambah jumlah personel DapurMasak dan akan memanfaatkan jaringan dan teknologi yang dia peroleh dari Cookpad untuk mencapai tujuannya ini. Menurutnya, DapurMasak belum mencapai visinya dan dengan akuisisi ini diharapkan mereka bisa memenuhi visi tersebut (dalam jangka panjang).

Soegianto menyebutkan pertemuannya dengan pihak Mis Recetas dan AllTheCooks, yang juga diakuisisi oleh Cookpad, memberikan "pencerahan" untuk bersama-sama melawan obesitas melalui resep-resep masakan (sehat). Selain itu, DapurMasak sempat mengungkapkan lewat pendanaan investasi yang didapatnya beberapa waktu lalu salah satu pengembangan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ialah merilis aplikasi mobile yang rencananya akan diluncurkan pada Juni 2014 mendatang.

Pada Januari lalu kami juga sempat sedikit berbincang dengan Soegianto yang merupakan founder dari DapurMasak. Pada perbincangan tersebut, Soegianto mengungkapkan kolaborasi bisnis antara DapurMasak dengan CookPad merupakan kemitraan yang memiliki kesamaan visi yakni sama-sama ingin memberikan platform yang sempurna bagi pengguna yang ingin membagikan “karyanya” yang diciptakan dari dapur untuk mendapatkan atensi dari banyak orang.

Aki Sano yang mendirikan CookPad merupakan salah satu sosok digital entrepreneur sukses asal Jepang. Pengakuisisian DapurMasak ini menunjukkan agresivitas CookPad untuk melengkapi portofolionya di seluruh dunia, termasuk sebelumnya Mis Recetas dari Spanyol dan juga AllTheCooks dari Amerika Serikat.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter