Categories

Gadget

Cooler Master Umumkan Empat Monitor Gaming Baru, Semuanya dengan Resolusi QHD dan Refresh Rate Tinggi

Menyusul debut perdana mereka di kategori monitor tahun lalu

Glenn Kaonang - 1 February 2021

Setahun yang lalu, Cooler Master memutuskan untuk memperluas portofolio produknya secara signifikan, salah satunya dengan memperkenalkan monitor gaming pertamanya. Tahun ini, mereka sudah menyiapkan empat monitor baru, dan keempatnya ditargetkan bagi mereka yang bermain di resolusi 1440p (QHD).

Monitor yang pertama adalah GM32-FQ yang berukuran 31,5 inci. Model ini menggunakan panel IPS dengan refresh rate maksimum 165 Hz, lengkap beserta sertifikasi AMD FreeSync Premium maupun Nvidia G-Sync Compatible. Rasio kontrasnya tercatat di angka 1200:1, dan ia memiliki waktu respon 5 milidetik (grey-to-grey).

Reproduksi warnanya cukup akurat berkat dukungan 95% spektrum DCI-P3, akan tetapi tingkat kecerahan maksimumnya cuma terbatas di angka 250 nit. Monitor ini rencananya akan dilepas ke pasaran seharga $499 mulai akhir bulan Maret mendatang.

Jika lebih suka dengan monitor curved, alternatifnya ada GM32-CQ yang mengemas panel VA 32,5 inci dengan tingkat kurvatur 1500R. Refresh rate maksimumnya sama-sama berada di angka 165 Hz, demikian pula waktu responnya di 5 milidetik. Selain berbeda bentuk, GM32-CQ juga sudah mengantongi sertifikasi HDR400. Harganya sendiri sama persis di angka $499.

Untuk monitor yang ketiga dan keempat, dua-duanya sama-sama memiliki ukuran 27 inci. Model GM27-FQ ARGB menggunakan panel Fast-IPS dengan refresh rate 180 Hz dan waktu respon 1 milidetik, serta mendukung 95% spektrum warna DCI-P3. Ia pun juga sudah mengantongi sertifikasi FreeSync Premium maupun G-Sync Compatible, tidak ketinggalan pula HDR400. Harganya dipatok $549 saat mulai dijual pada babak kedua tahun ini.

Monitor yang terakhir, yakni GM27-FF, mengusung panel VA dengan refresh rate 240 Hz dan waktu respon 1 milidetik. Jelas sekali bahwa model ini adalah yang ditargetkan ke kalangan gamer kompetitif, dan ia juga sudah mulai dijual sekarang juga dengan harga $349.

Read more

Memang tidak ada yang begitu istimewa dan menonjol dari kuartet monitor ini. Namun yang cukup menarik menurut saya adalah fakta bahwa tidak ada satu pun dari antaranya yang mengemas resolusi 1080p. Melihat begitu perkasanya deretan GPU terbaru dari Nvidia maupun AMD, tidak heran apabila mulai banyak yang meninggalkan resolusi FHD. Problemnya sekarang tinggal bagaimana stok dan harga kartu grafis bisa kembali normal sehingga konsumen dapat menikmati sesi bermainnya secara mulus di resolusi QHD.

Sumber: PC Gamer dan Display Specifications.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter