1. Entrepreneur

Tips Sukses dalam Bisnis eCommerce Melalui Copywriting yang Efektif

Tips Copywriting yang Efektif untuk eCommerce

Dalam era digital ini, eCommerce telah menjadi salah satu platform bisnis yang paling berkembang pesat. Dengan begitu banyak pesaing di pasar online, kemampuan untuk menarik perhatian pelanggan potensial dan mengubahnya menjadi pelanggan sangat penting.

Salah satu kunci utama untuk mencapai hal ini di eCommerce adalah melalui copywriting yang efektif.

Apa itu eCommerce Copywriting?

eCommerce copywriting adalah seni dan ilmu menulis teks yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan penjualan dan konversi dalam platform penjualan online.

Ini mencakup pembuatan teks untuk deskripsi produk, headline, tagline, dan seluruh konten situs web yang dirancang untuk memotivasi pengunjung agar melakukan pembelian.

Halaman pada Situs eCommerce yang Memerlukan Copywriting

Product Page

Product page atau halaman produk adalah halaman paling penting di toko online Anda. Fokuskan pada manfaat produk daripada fitur. Jelaskan bagaimana produk Anda dapat memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pelanggan.

Misalnya, daripada hanya menyebutkan spesifikasi teknis, beri tahu pelanggan bagaimana produk Anda akan bermanfaat dalam kehidupan pelanggan.

Halaman Kategori

Halaman ini sering diabaikan, namun sebenarnya dapat memberikan peluang besar. Pada halaman ini, dibutuhkan copy untuk memberikan informasi tentang jenis produk yang tersedia dalam kategori tersebut dan mengarahkan pengunjung ke produk spesifik.

Homepage dan About Us

Copy di halaman beranda atau homepage harus menarik perhatian pengunjung sekaligus memberikan gambaran singkat tentang produk yang Anda tawarkan. Sementara itu, halaman About Us memerlukan copy yang dapat membantu mengenalkan merek dan menyampaikan nilai-nilai perusahaan untuk membentuk koneksi dengan pelanggan.

Tips Membuat Copy yang Menarik di Platform eCommerce

Menurut Big Commerce, terdapat 7 langkah untuk membuat copy yang tepat di platform eCommerce.

Kenali Target Audiens Anda

Menulis copy akan menjadi tugas yang sulit jika Anda tidak mengenali target audiens Anda. Karenanya, lakukan riset untuk memahami siapa target audiens Anda. Pahami kebutuhan, keinginan, dan masalah mereka, serta sesuaikan gaya penulisan dengan preferensi bahasa yang mereka gunakan.

Sampaikan Cerita yang Menarik

Cerita yang menarik akan membuat target audiens penasaran dan akan membacanya hingga selesai. Selain itu, cerita yang menarik juga membantu menciptakan koneksi emosional dengan pelanggan. Ceritakan bagaimana produk Anda bisa memecahkan masalah atau memberikan pengalaman positif kepada pelanggan.

Hindari Kalimat yang Panjang

Pemakaian kalimat yang panjang dan bertele-tele dapat membuat target audiens kehilangan minat. Karenanya, gunakan kalimat yang singkat dan langsung ke tujuan. Pecah teks menjadi paragraf pendek untuk meningkatkan keterbacaan.

Fokus pada Manfaat

Pada halaman produk, sebaiknya Anda menekankan manfaat produk daripada hanya fitur. Jelaskan bagaimana produk akan memberikan manfaat atau memecahkan masalah di kehidupan pelanggan. Gambarkan pengalaman pengguna yang positif yang dapat dicapai dengan menggunakan produk Anda.

Gunakan Kata Kerja yang Mendorong Tindakan

Gunakan CTA atau kata kerja yang mendorong tindakan target audiens, seperti "Tambah ke Keranjang Sekarang", atau "Dapatkan Diskon". Dorong pembaca untuk melakukan tindakan spesifik setelah membaca copy Anda.

Integrasikan Kata Kunci dalam Copy

Untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari, pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dalam copy Anda. Namun, jangan terlalu memaksakan banyaknya kata kunci yang dicantumkan.

Gunakan Poin untuk Halaman Produk

Penyajian dalam bentuk poin akan membuat informasi lebih mudah dipahami. Saat menjelaskan fitur atau spesifikasi produk, susun dalam bentuk poin untuk membuat teks lebih terstruktur.

Copywriting yang efektif dalam eCommerce bukan hanya tentang meyakinkan pelanggan untuk membeli, tetapi juga tentang membangun hubungan jangka panjang. Ingatlah bahwa setiap kata memiliki potensi untuk membentuk persepsi pelanggan. Dengan memilih kata-kata dengan bijak, Anda dapat menciptakan pengalaman belanja online yang tak terlupakan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again