17 January 2014

by Yoga Wisesa

Cortana, Asisten Sang Jagoan Game Halo, Akan Hadir di Fitur Voice Command Nokia

Diakuisisi oleh perusahaan raksasa seperti Microsoft memberikan berkah tersendiri untuk Nokia. Microsoft sudah cukup lama berencana untuk mengejar kepopularitasan Siri dengan menciptakan fitur voice command pintar mereka sendiri dan mengaplikasikannya ke dalam handset Nokia. Dan sepertinya Microsoft menemukan sebuah formula efektif agar fitur tersebut sukses: mereka meminta artis Jan Taylor untuk menjadi asisten pribadi Anda di dalam smartphone.

Siapakah Jan Taylor itu? Ia adalah pemeran suara karakter Cortana dalam franchise andalan Microsoft Studios. Cortana merupakan asisten pribadi Master Chief, tokoh utama dalam seri permainan tersebut. 'Asisten pribadi' yang saya maksud di sini memang benar-benar bersifat personal karena Cortana hadir sebagai AI (artificial intelligence) dalam sistem komputer Master Chief. (Master Chief sendiri ialah 'manusia super' setinggi dua meter yang direkayasa secara genetika untuk menjadi prajurit sempurna. Jika Anda percaya dengan hal seperti ini...)

 

Info menarik: Project Christine, Rancangan PC Modular Garapan Razer

 

Dan berita baiknya tidak berhenti sampai di sini saja: untuk membuat para fans Halo berteriak girang, Microsoft memutuskan untuk tetap menyebut fitur ini dengan nama Cortana. Hal tersebut merupakan jawaban menggembirakan setelah gamer menyaksikan perpisahan dramatis antara Master Chief dengan Cortana di akhir permainan Halo 4. Di sana, Cortana menggunakan seluruh cadangan energinya untuk hadir secara fisik di hadapan Master Chief.

Jan Taylor sendiri bukanlah nama baru dalam seni isi suara di industri video game. Ia juga pernah berperan sebagai Princess Peach, karakter Toad dan Toadette di berbagai game Mario. Ia juga memerankan tokoh Zoey dalam dua buah game Left 4 Dead garapan Valve, mengisi suara 'hero' Lina, Medusa, Puck dan Windranger dalam Dota 2, serta berpartisipasi dalam pembuatan EverQuest II yang dirilis sepuluh tahun lalu.

Untuk menggunakan asisten ini, nantinya Anda hanya perlu menekan tombol aktif dan mengatakan 'Bink, tell me [keinginan Anda dalam bahasa Inggris]...' Saya mengerti banyak orang penasaran mengapa kita harus menyebutkan nama 'Bink' di sana, mengapa tidak menggantinya dengan 'Cortana'? Walau begitu kita harap ia akan merespon dengan cerdas seperti Cortana sesungguhnya dalam Halo.

Cortana rencananya akan memulai perjalanannya dalam masa beta bulan April besok di beberapa device Lumia. Ia akan mulai 'menginvasi' aplikasi iPhone Bing di kuartal ketiga 2014, kemudian mendarat di platform Windows dan Xbox One sekitar tahun 2015 hingga 2016.

 

Info menarik: Untuk Mendukung Oculus Rift, Valve Menyiapkan Aplikasi SteamVR

 

Memiliki Cortana di dalam handset Anda memang terasa sangat keren, dan saya yakin para fans Halo akan mulai berpikir bahwa merekalah Master Chief sesungguhnya. Dilihat dari sudut pandang gamer, fitur voice command Nokia ini mungkin akan sulit tertandingi... kecuali jika Valve memutuskan untuk membuat kemampuan perintah suara di Steam (atau Steam Machines) dengan menggaet artis Ellen McLain sebagai pengisi suara GLaDOS, musuh utama dalam seri Portal yang sangat dicintai banyak fans.

Sebagai tambahan, ini dia video perpisahan Master Chief dengan Cortana yang (saya yakin) membuat ratusan fans Halo menangis.

Via Polygon. Sumber gambar header: Forbes.com. Gambar lain: rwby.wikia.com