15 January 2014

by Yoga Wisesa

Untuk Mendukung Oculus Rift, Valve Menyiapkan Aplikasi SteamVR

Revolusi teknologi virtual reality membuka mata para developer tentang potensi raksasa yang tersimpan di dalamnya.

Bahkan untuk perusahaan sebesar Sony, mereka bukan hanya meneruskan proyek HMZ yang telah ada sebelumnya, namun juga mencoba mengembangkan perangkat virtual reality khusus untuk console game terbaru mereka. Dan VR juga bukan merupakan lini eksklusif yang hanya terjangkau oleh nama-nama besar: castAR buatan sepasang mantan staf Valve terbukti cukup sukses di Kickstarter.

Mungkin device terakhir ini menyadarkan Valve bagaimana mereka memiliki aset, talenta dan infrastruktur untuk segera mendukung dan merangkul teknologi VR. Kita tahu, memang ada sesuatu hal yang kurang sempurna dalam trinitas SteamOS, Steam Machines dan Steam Controller dalam menginvasi ruang keluarga (dan pasar home console). Valve bisa saja mulai mengembangkan perangkat virtual reality mereka sendiri, namun ia sadar bahwa untuk apa 'mencaplok' target pasar Oculus Rift, jika mereka bisa membuat aplikasi khusus untuk mendukungnya - dan membuat semua orang bahagia?

 

Info menarik: Oculus Vs. Sony, Perang Device VR Semakin Memanas di CES 2014

 

Pertama kali diumumkan di laman Steam Community oleh Joe Ludwig. Tim Valve sedang merancang sebuah aplikasi bernama SteamVR untuk mengintegrasi sempurna fungsi Oculus Rift dengan Steam, dan tentu saja Steam Machines pada akhirnya. Di laman tersebut, Ludwig mengumumkan:

"Bersamaan dengan update Steam Client Beta, Steam kini mendukung mode virtual reality eksperimental. Jika Anda memiliki perangkat devoloper kit Oculus Rift, Anda bisa mencobanya dengan menambahkan tulisan '-vr' dalam command line. Kemudian tekan tombol Big Picture untuk memasuki mode Big Picture + VR."

Saat pertama kali diluncurkan, terdapat sebuah bug yang tidak memungkinkan pengguna melakukan langkah-langka tersebut. Mengetahui hal itu, Valve langsung memberikan update baru. Bahkan komunitas di Reddit pun turut aktif memberi masukan alternatif agar fungsi ini berjalan sempurna.

 

Info menarik: Valve Akhirnya Memamerkan 13 Varian Steam Machines, Lengkap Dengan Spek dan Harga

 

Sebagai visi jangka panjang, Valve ingin menciptakan device VR mereka sendiri. Berbeda dari perangkat lainnya, Valve akan mencari cara bagaimana untuk menyajikan headset mereka dengan harga yang ekonomis. Dan rencananya Valve akan merilis alat tersebut dalam dua tahun ke depan. Bersama dengan Oculus Rift, mereka mengusung konsep untuk 'mem-porting game-game ke dunia virtual reality'.

Asumsi saya, pengembangan Steam Controller akhirnya juga akan diarahkan agar ia bisa terintegrasi ke fungsi virtual reality. Ini dia video demonstrasi aplikasi SteamVR.

Sumber: Gamasutra. Sumber gambar ilustrasi header dari situs OculusVR.