14 April 2016

by Bambang Winarso

Mari Sambut Smartphone Pendatang Baru, Creo Mark 1

Mark adalah smartphone perdana buatan startup asal India, Creo

Sengitnya persaingan di industri mobile rupanya tak membuat orang gentar untuk memasukinya. Buktinya CREO, sebuah startup asal Bangalore, India mendeklarasikan diri terjun ke persaingan bisnis perangkat dengan meluncurkan smartphone perdananya, Mark 1.

Bagi CREO, Mark 1 adalah flagship di mana segala pengharapan tertumpu padanya. Mengandalkan piranti lunak, CREO menjanjikan sesuatu yang baru kala menggunakan perangkatnya itu. Smartphone tiba dengan custom sistem operasi bernama FUEL OS yang berbasikan pada Android. Custom OS ini diperkaya fitur pencarian universal yang dapat mencari dan menemukan apapun yang ada di perangkat.

Kemudian FUEL OS juga dibekali fitur-fitur baru, antara lain fitur Echo, voicemail yang dapat bekerja dengan semua operator. Kemudian Retriever yang akan memberikan pemberitahuan bila kartu SIM lain dimasukkan ke perangkat. Smart callforwarding, notification manager, pemisahan pesan singkat, penjawab cepat dan lain-lain.

Beralih ke sektor komponen hardware, CREO Mark 1 dibekali layar 5,5 inci beresolusi quad HD yang istimewa. Layar ini dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 3 di bagian depan dan belakang serta bingkai metal yang memberikan pondasi kokoh pada perangkat. Dalamannya dihuni chipset MediaTek Helio X10 seperti yang dibawa oleh Meizu Pro 6. Kemudian RAM 3GB, kamera belakang 31MP yang dilengkapi fitur PDAF dan video 4K, kamera depan 8MP kemudian dukungan baterai 3.100mAh.

CREO Mark 2 saat ini sudah tersedia di India dengan banderol $300 melalui toko online Flipkart dan situs resminya.

Dikenal dengan Mango Man Consumer Electronics, produk pertama CREO adalah perangkat straming HDMI bernama Teewe. Teewe seri pertama meluncur perdana pada bulan September 2014, kemudian seri keduanya dirilis bulan Mei setahun kemudian. Di seantero India, Teewe berhasil terjual sedikitnya 50.000 unit.

Keberhasilan CREO rupanya menarik minat investor untuk menanamkan investasi. Walhasil, pada bulan Januari Sequoia India, Beenext Ventures dan India Quotient mengucurkan dana segar sejumlah $3 juta kepada CREO untuk melakukan ekspansi. Dana inilah yang kemudian dijadikan modal awal untuk terjun ke industri mobile, tak hanya membuat perangkat, tapi juga software-nya.

Sumber berita CREO dan DNAindia.