Categories

Berita

Crowdtivate Bakal Jadi Platform Crowdfunding Andalan Indosat

Amir Karimuddin - 30 June 2014

Salah satu layanan yang digandeng oleh Indosat saat pengumuman kehadiran Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) yang ke-8 adalah Crowdtivate yang dibangun oleh StarHub Singapura. Crowdtivate adalah platform crowdfunding serupa Kickstarter yang dibangun untuk wirausahawan dan seniman Asia. Di awal Crowdtivate bakal dibuka bagi para pemenang IWIC dan tidak menutup peluang ke depannya bakal dibuka untuk umum menggali ide-ide potensial di Indonesia.

Kepala StarHub i3 (inovasi, investasi, inkubasi) Singapura Stephen Lee yang mengelola Crowdtivate dalam rilisnya menyebutkan, "StarHub menyambut Indosat bergabung di Crowdtivate, memperluas jangkauan platform crowdfunding pertama di dunia yang didukung oleh operator telekomunikasi yang ada untuk lebih membantu para enterpreneur Asia dan para seniman membuat ide-ide inovatif mereka menjadi kenyataan."

"Di luar dana awal dari masyarakat, Crowdtivate menyediakan bagi para pemilik proyek (project owners) bimbingan/mentoring untuk membuat kampanye yang baik, sementara pada saat yang sama memberikan mereka akses melakukan uji coba kepada pengguna serta memberikan dukungan dalam pemasaran, pengembangan penemuan, inkubasi dan infrastruktur. Kami sangat senang bekerja sama dengan Indosat melalui Crowdtivate ini, yang tidak diragukan lagi akan mempercepat penciptaan produk yang inovatif di Asia," ujar Stephen.

Di tahap awal, selain membantu pemilik proyek untuk menggalang dana, Crowdtivate akan membantu pemenang IWIC mendapatkan mentoring, terkait proposal dan tip menarik investor. Setelah proyek ini berjalan, baru Crowdtivate dibuka untuk umum, tentu saja minus bimbingan itu.

StarHub sebagai pengembang Crowdtivate tentu saja tidak asing bagi Indosat karena sebelum dijual ke Ooredoo (dahulu Qatar Telecom), Indosat menjadi milik Temasek dan dikelola oleh jajaran petinggi StarHub. Saat ini Crowdtivate masih belum bisa diakses untuk umum dan untuk mengaksesnya diperlukan kode undangan terlebih dahulu.

Di Indonesia, Crowdtivate bukanlah platform crowdfunding yang pertama. Kita sudah mengenal Wujudkan, jebolan Founders Institute yang telah membantu berbagai macam proyek kreatif di Indonesia selama dua tahun terakhir, termasuk penggalangan dana beberapa startupteknologi. Yang berbeda tentu saja dukungan korporasi besar, macam Indosat dan StarHub, untuk membangun platform ini.

Wujudkan dan Crowdtivate bisa menjadi alat untuk memperkenalkan skema crowdfunding ke masyarakat, bahwa skema gotong royong bisa menjadi alat ampuh mewujudkan ide-ide kreatif anak bangsa menjadi kenyataan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter