1. DScovery

CSR: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Bentuk tanggung jawab yang harus tercakup dalam CSR adalah kegiatan manajemen sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial kemasyarakatan dan lingkungan

Semua aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tentu wajib dipertanggungjawabkan pada tiap perusahaan. Dimulai dari karyawan, pemegang saham, pelanggan, pemerintah dan juga masyarakat umum. Tanggung jawab ini sering disebut Corporate Social Responsibility atau CSR.

Oleh karena itu, tanggung jawab perusahaan merupakan jenis tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh perusahaan dengan melaksanakan program yang bermanfaat bagi semua pihak.

Untuk lebih jelasnya, berikut DailySocial.id jelaskan padamu mengenai CSR!

Definisi CSR

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang harus dilaksanakan oleh manajemen kepada seluruh pemangku kepentingan dan juga kepada seluruh pemangku kepentingan.

Berbagai pihak tersebut di atas adalah karyawan perusahaan, pemegang saham perusahaan, konsumen, negara dan masyarakat.

Bentuk tanggung jawab yang harus tercakup dalam CSR adalah kegiatan manajemen sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial kemasyarakatan dan lingkungan. Dimana perusahaan melakukan seluruh kegiatan operasionalnya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa CSR adalah tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memberi manfaat bagi pihak-pihak di dalam dan sekitar perusahaan dengan melaksanakan program yang bermanfaat.

Kamu harus memahami bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat pada umumnya dan terhadap lingkungan tempatnya beroperasi.

Jenis tanggung jawab bersifat wajib. Jika ini tidak terjadi, perusahaan menghadapi sanksi. Ini berlaku untuk perusahaan besar dan kecil. Sebab bisnis adalah tentang kenyamanan orang-orang di sekitarnya.

Tujuan CSR dan Manfaatnya

Dalam melakukan program-program CSR, perusahaan tersebut harus mempunyai beberapa tujuan tertentu, dimana tujuan tersebut harus tetap berkaitan dengan kesejahteraan dan kebermanfaatan untuk masyarakat dan pihak-pihak yang ada di perusahaan. Berikut ini adalah tujuan dari program CSR secara umum:

Nama Baik dan Citra Perusahaan

Salah satu tujuan utama dalam melaksanakan program CSR adalah untuk melindungi citra dan reputasi perusahaan di mata publik. Untuk mencapai tujuan tersebut, program yang dilaksanakan oleh perusahaan biasanya bertujuan untuk menunjukkan bahwa perusahaan merupakan entitas yang bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat sekitar.

Selain itu, dengan melaksanakan program CSR, perusahaan dapat meningkatkan citra dan reputasi perusahaan di lingkungan sekitar dan juga dengan beberapa pemangku kepentingan atau orang-orang yang bekerja sama dengan perusahaan.

Oleh karena itu akan terus memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan perusahaan di masa mendatang.

Menjaga Hubungan Baik Dengan Stakeholder

Tujuan selanjutnya dari pelaksanaan program CSR adalah menjaga dan memelihara hubungan baik dengan stakeholder. Dengan adanya program CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan, maka tercipta hubungan yang lebih hangat dan bersahabat dengan lingkungan perusahaan.

Selain itu, program CSR dapat menawarkan banyak manfaat bagi masyarakat dalam hal peluang pengembangan dan pemberdayaan.

Solusi Untuk Menyelesaikan Masalah yang Terjadi di Sekitar Lingkungan

Keberadaan suatu perusahaan di suatu tempat tentunya membawa banyak pihak ke dalam lingkungan tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi masalah di sekitar adalah dengan mempertahankan program CSR.

Masalah saat ini bisa datang dari berbagai sisi. Mulai dari lingkungan, sosial dan juga ekonomi. Adanya program CSR merupakan salah satu upaya perusahaan untuk membantu menyelesaikan segala permasalahan yang ada di daerah.

Jenis-Jenis Program CSR

Di dalam proses pelaksanaan program CSR, jenis kegiatannya dibagi menjadi delapan jenis. Berikut adalah delapan kegiatan CSR yang harus kamu ketahui:

Cause Promotions

Program CSR jenis ini dapat diartikan sebagai salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu tersebut. Tujuan lain dari CSR jenis ini adalah sebagai media promosi bagi perusahaan itu sendiri.

Ketika melaksanakan program CSR tersebut, perusahaan selanjutnya mengalokasikan dana dan sumber daya untuk mendukung kegiatan sosial. Dimulai dengan kegiatan pengabdian masyarakat dan kegiatan penggalangan dana.

Cause Related Marketing

Tujuan perusahaan yang menggunakan program CSR ini biasanya untuk selalu berkomitmen menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda dari penjualan suatu produk tertentu. Untuk mendukung kegiatan sosial masyarakat. Kemudian dana tersebut diberikan kepada masyarakat.

Corporate Societal Marketing

Perusahaan biasanya menerapkan jenis tanggung jawab sosial ini dalam bentuk kampanye. Adalah umum bagi perusahaan untuk menjalankan kampanye tentang masalah kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Tujuan CSR adalah untuk dapat mendukung perubahan masyarakat menjadi lebih baik.

Corporate Philanthropy

Perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial ini dalam bentuk pembayaran langsung melalui penyaluran dana. Contoh tanggung jawab sosial jenis ini adalah program penggalangan dana, amal dan juga membantu masyarakat dengan berbagai cara.

Community Volunteering

Community volunteering adalah jenis CSR yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat dalam bentuk layanan gratis. Biasanya, perusahaan melibatkan beberapa karyawan yang merelakan waktunya untuk berbagai kegiatan yang dapat mendukung kelestarian lingkungan di sekitar perusahaan.

Rehabilitasi Alam

Jenis CSR berikutnya adalah program rehabilitasi alam. Disini perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap kelestarian alam, terutama perusahaan yang menghasilkan limbah.

Adapun contoh program rehabilitasi yang dapat dilaksanakan, seperti penanaman mangrove, penghijauan hutan, penanaman bibit tanaman, dan lain-lain.

Pengelolaan Limbah yang Berwawasan Lingkungan

Berikutnya adalah pengolahan limbah ekologis. Pengolahan ini diharapkan dapat meminimalkan toksisitas limbah. Sehingga pembuangan limbah produk tidak mencemari lingkungan.

Untuk melaksanakan program ini, perusahaan terlebih dahulu harus memilih jenis limbah, mulai dari limbah organik, beracun, dan anorganik. Dalam hal ini, pihak perusahaan harus menangani limbah tersebut dengan cara mengolahnya dengan teknik khusus yang tepat agar dapat terserap dengan baik ke alam.

Penggunaan Sumber Energi Terbarukan

Jenis CSR lainnya adalah penggunaan sumber energi terbarukan. Mulai dari uap alam, angin, air dan juga energi surya. Dengan cara ini, seharusnya perusahaan bisa ikut serta menyelamatkan sumber daya alam seperti gas alam dan minyak bumi yang sudah terancam punah.

Model dan Metode Pelaksanaan CSR

Pelaksanaan CSR dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

Keterlibatan Langsung

Jadi, suatu  perasaan akan langsung terlibat dalam melakukan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Seperti misalnya langsung memberikan bantuan berupa air bersih, pembangunan MCK, dan lain sebagainya.

Melalui Yayasan Sosial

Pelaksanaan CSR juga dapat dilakukan dengan cara membangun sendiri yayasan sosial yang berada di bawah payung perusahaan yang dikhususkan untuk menyediakan bantuan sosial berkelanjutan. Salah satu contoh dari yayasan sosial perusahaan di Indonesia adalah Sampoerna Foundation,

Menjalin Kemitraan

Menjalin kemitraan ini berarti perusahaan menggandeng mitra, entah itu komunitas atau lembaga sosial, untuk membantu melaksanakan kegiatan CSR. Misalnya seperti menggandeng komunitas lingkungan untuk membantu melakukan penanaman bibit pohon.

Melalui Konsorsium

Konsorsium adalah bentuk kerja sama yang dilakukan dua perusahaan untuk melakukan suatu proyek. Proyek tersebut umumnya adalah proyek sosial yang dilakukan guna memberikan bantuan terhadap masyarakat.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa program tanggung jawab sosial perusahaan dapat dilaksanakan dengan menjalankan kegiatan di berbagai daerah. Mulai dari bidang ekonomi, sosial dan ekologi.

Dalam tanggung jawab sosial, perusahaan tentunya harus memiliki tujuan, seperti menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan, menjaga reputasi dan citra baik perusahaan, dan menawarkan solusi untuk masalah terkait.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again