1. Startup

CTI IT Infrastructure Summit 2014 Bahas Big Data Sebagai Tren Teknologi

Bertempat di Ritz Carlton Ballroom Pacific Place Jakarta, CTI Group menggelar ajang IT Infrastructure Summit 2014 dengan pokok bahasan Big Data sebagai tren teknologi. Big Data mungkin bukanlah kata yang asing di telinga praktisi teknologi informasi, setidaknya dua tahun terakhir, tapi memasuki Age of Customer, kebutuhan penyimpanan dan pengolahan Big Data menjadi kian penting.

Urgensi itu yang mendorong CTI Group memfasilitasi IT Infrastructure Summit 2014 sebagai ajang bertemu praktisi dan pengguna jasa solusi korporasi di bidang teknologi informasi. Dalam konferensi ini, tiga orang pembicara, yaitu Michael Barnes (Forrester), Markku Lepisto (Amazon Web Service), dan Adi Rusli (EMC Indonesia), membahas tentang Big Data dan pendekatan adopsi yang cocok dengan situasi perusahaan di Indonesia.

Barnes menyebutkan studi Forrester memprediksikan di tahun 2014 pertumbuhan belanja teknologi informasi di kawasan Asia Pasifik (di luar Jepang) mencapai angka 6.4%. Selain itu bakal terjadi peningkatan keterlibatan manajemen bisnis terhadap setiap keputusan yang berkaitan dengan teknologi. Prioritas CIO juga akan sedikit bergeser untuk lebih memahami pengalaman konsumen terhadap penggunaan produk.

Lepisto dari Amazon Web Service memberikan berbagai contoh implementasi pengelolaan dan analisis Big Data untuk optimasi pendapatan. Di antara contoh-contoh tersebut, permainan mobile Clash of Clans yang dibuat oleh Supercell menjadi highlight tentang bagaimana pintarnya Supercell menganalisis log permainan untuk mendorong peningkatan pendapatan. Kita tahu bahwa Clash of Clans memiliki pendapatan per hari yang luar biasa dari App Store. Adi Rusli menutup tentang pemanfaatan Big Data untuk transformasi dan kegesitan bisnis (business agility).

Di acara ini juga dianugerahkan penghargaan CIO Awards yang rencananya akan diberikan setiap tahun. Tahun ini ada tiga kategori penghargaan, yaitu Most Innovative CIO yang dimenangkan oleh Ongki Kurniawan (XL Axiata), M. Kuncoro Wibowo (PT Kereta Api Indonesia) yang memenangkan kategori Most Influential CIO, dan Utoyo S. Nurtanio (Trakindo) yang dinobatkan sebagai Most Intelligent CIO. Mereka dipilih oleh panel juri berdasarkan paper screening terhadap 15 finalis.

Selain itu CTI Group juga menggagas berdirinya iCIO Community sebagai wadah perkumpulan para CIO perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dari sekedar tempat berkomunikasi, iCIO Community diharapkan bakal memberikan kontribusi lebih baik, terutama sebagai partner pemerintah untuk menyusun regulasi yang berkaitan dengan industri dan kebutuhan teknologi informasi.

Disclosure: DailySocial adalah media partner acara CTI IT Infrastructure Summit 2014

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again