Categories

Gadget

Cubiio Ialah Alat Pengukir Laser Portable yang Dioperasikan Dengan Smartphone

Selain ringkas, Cubiio juga dibekali berbagai fitur pengaman.

Yoga Wisesa - 22 August 2017

Mengukir dengan laser telah lama dimanfaatkan di berbagai bidang, dari mulai di ranah pembuatan perhiasan hingga kelas industri. Teknik laser engraving dimaksudkan untuk memberikan bekas di permukaan objek. Umumnya, laser engraver ialah alat berukuran besar, lalu proses penggunaannya terbilang kompleks karena memang bukan ditujukan bagi pengguna awam.

Satu startup asal Taiwan ingin mengubah hal tersebut, dan mencoba membuat proses ukir laser lebih mudah diakses oleh semua orang. Lewat situs crowdfunding Kickstarter, tim bernama Muherz itu memperkenalkan Cubiio, perangkat laser engraver paling mungil dan portable. Kehadiran Cubiio membuka kesempatan bagi kita untuk berkreasi karena pengoperasiannya sangat sederhana, dilakukan sepenuhnya lewat smartphone.

Sesuai namanya, Cubiio memiliki tubuh berbentuk kubus, mempunyai dimensi 50x50x50-milimeter dan bobot hanya 150-gram. Produsen melengkapinya dengan tripod, sehingga alat ini mudah diarahkan, membuatnya menyerupai kamera action tanpa lensa. Cubiio bekerja efektif di jarak 150- hingga 160-milimeter, mampu menjangkau area seluas 100x100-milimeter.

Proses pemakaiannya sangat simpel, tapi sebelum memulai, Muherz menyarankan Anda untuk mengenakan kaca mata pengaman terlebih dulu (sudah dibundel dalam paket penjualan). Pertama-tama, Anda perlu mengunduh app companion ke smartphone. Setelah beres, silakan aktifkan Cubiio dan pasangkan via Bluetooth. Dari sana Anda tinggal memilih gambar atau membuat tulisan secara manual.

Aplikasi turut dibekali fungsi alignment sehingga bisa menyesuaikan proporsi gambar dengan tingkat kemiringan objek, serta didukung fitur pratinjau yang memungkinkan kita mendapatkan perkiraan dari hasil akhir pengukiran. Setelah Anda puas, silakan tekan tombol Start dan nikmati 'pertunjukan cahaya' Cubiio.

Cubiio mampu mengukir dan memotong bermacam-macam jenis material. Efektivitasnya tentu saja dipengaruhi tingkat kekerasan benda. Beberapa bahan yang sudah diuji meliputi karton (sanggup memotong sedalam 0,9mm), kardus (1,8mm), kain (0,3mm), kulit (0,7mm), dan kayu (1,5mm). Cubiio juga sanggup menggambar di atas permukaan akrilik non-transparan. Kemampuannya itu memberikan kita kesempatan untuk membuat kerajinan kertas, sampai membubuhkan ilustrasi di sepatu kulit serta kue.

Muherz tak lupa mencantumkan beragam fitur pengaman di sana: Cubiio akan segera berhenti bekerja jika mendeteksi gerakan mendadak atau temperaturnya naik melewati level normal. Dan tentu saja Anda bisa mengamankannya dengan password.

Cubiio dapat Anda pesan sekarang di Kickstarter, dijual seharga US$ 380 selama periode crowdfunding masih berlangsung. Pengiriman rencananya akan dilakukan pada bulan Maret 2018.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter