1. Entrepreneur

Tips Mengelola Customer Relationship di Era Digital

Hubungan yang baik dengan pelanggan dapat memicu loyalitas yang bernilai dalam jangka panjang

Dalam dunia bisnis, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah hal yang sangat krusial. Hubungan pelanggan, atau yang kita kenal dengan istilah "customer relationship", adalah sebuah metode yang diterapkan untuk membangun interaksi yang positif dengan pelanggan, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Hubungan yang baik dengan pelanggan dapat memicu loyalitas dan mempertahankan klien yang bernilai dalam jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari transaksi-transaksi ulang.

Mengapa Hubungan Pelanggan Itu Penting?

Membangun produk yang luar biasa memang tantangan tersendiri dan menjadi salah satu penentu keberhasilan. Namun, hubungan pelanggan yang kuatlah yang akan menentukan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.

Konsumen kini memiliki pengaruh yang besar dalam industri, sehingga mereka tidak hanya fokus pada produk yang dijual, tetapi juga pada cara produk itu dijual dan apa yang terjadi setelah produk itu terjual.

Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan layanan pelanggan untuk memenuhi tuntutan yang terus berkembang dari konsumen.

Customer Relationship di Era Digital Marketing

Kita tahu membangun hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci sukses bisnis. Jika hubungan ini terjalin buruk, dapat mengakibatkan bisnis goyah. Sebaliknya, bila kita baik dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, mereka juga akan setia pada kita. Di era sekarang, pemasaran digital menjadi salah satu cara ampuh untuk menjalin dan mempererat hubungan dengan pelanggan.

Dengan tingginya tuntutan dari pelanggan akan layanan online, keberadaan bisnis di dunia maya menjadi semakin penting. Melalui pemasaran digital, bisnis bisa lebih dekat dengan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

Hubungan pelanggan digital berarti perusahaan secara proaktif menggunakan saluran komunikasi dua arah untuk terhubung dengan pelanggan, mendengarkan kebutuhan dan minat mereka, dan menyampaikan pesan yang dipersonalisasi untuk membangun keterlibatan jangka panjang.

Bagian “digital” menunjukkan cara Anda menjangkau pelanggan misalnya melalui email, teks, web, dan platform sosial. Namun “hubungan” dalam konteks ini lebih dari sekadar saluran mana yang Anda gunakan. Pelanggan mengharapkan hubungan digital yang responsif dan relevan dengan kepentingan mereka.

Hubungan digital yang efektif dibangun berdasarkan komunikasi dua arah: mendengarkan kebutuhan pelanggan dan menyampaikan pesan yang penting bagi mereka.

Tips Mengelola Customer Relationship di Era Digital

Memastikan Konten yang Menarik

Berikan informasi tentang bisnis Anda dengan cara yang paling menarik. Temukan dan publikasikan informasi penting di dalam website yang bermanfaat bagi pelanggan dan menambah nilai, seperti kode diskon online, nomor layanan pelanggan, email dan lain sebagainya.

Blog dan media sosial dapat menjadi media lain untuk menyajikan konten yang menarik bagi pelanggan, sehingga mendorong mereka untuk kembali. Ciptakan konten yang menghibur, menarik, atau bermanfaat. Misalnya, jika Anda bergerak di bisnis bumbu instan, maka Anda dapat membagikan resep yang menggunakan produk Anda.

Menjawab Pertanyaan yang Sering Diajukan

Dengan menjawab pertanyaan yang sering diajukan pelanggan di website dan media sosial, Anda menunjukkan kesediaan Anda untuk membantu. Sehingga tidak hanya berguna untuk pelanggan, tapi ini juga akan memangkas pesan atau panggilan telepon yang masuk yang menanyakan pertanyaan serupa.

Sediakan fasilitas email untuk pertanyaan dan feedback dari pelanggan - dan pastikan ada yang secara rutin memeriksanya. Balas pertanyaan dengan segera dan berikan penekanan bahwa feedback mereka sangat dihargai.

Mendorong Pengunjung untuk Mendaftar

Ajakan untuk mendaftarkan akun bisa berguna untuk mengumpulkan data statistik dan alamat email untuk keperluan pengiriman email promosi.

Namun, mengajak orang untuk mendaftar sejak awal tergolong strategi yang beresiko mendapatkan penolakan. Kebanyakan orang tidak akan mendaftar kecuali ada insentif, penawaran khusus atau akses ke informasi lebih lanjut yang tidak tersedia untuk non-pelanggan.

Manfaatkan Media Sosial

Salah satu keunggulan media sosial adalah kemampuannya untuk memungkinkan Anda berkomunikasi secara langsung dengan audiens target dan mendapatkan umpan balik secara real-time. Orang-orang di media sosial juga lebih terbuka untuk memberikan umpan balik dibandingkan melalui telepon. Ini disebabkan mereka merasa lebih terlindungi dan lebih bebas untuk memberikan komentar.

Banyak merek besar memanfaatkan Twitter sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Media sosial memberi mereka wadah untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.

Namun ketika Anda memutuskan untuk hadir di media sosial, maka pastikan staf yang bertugas di sana memberikan respon yang cepat. Semakin cepat respons Anda, semakin baik untuk reputasi bisnis. Kualitas layanan Anda akan menunjukkan kepedulian Anda dengan keluhan pelanggan.

Customer Relationship Management

Banyak perusahaan memutuskan untuk berinvestasi dalam sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk meningkatkan kualitas layanan mereka kepada pelanggan. Sistem CRM mengkompilasi informasi seperti data pelanggan, pola penjualan, data pemasaran, dan tren dengan tujuan untuk mengidentifikasi peluang penjualan baru, memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik, atau menawarkan layanan dan penawaran yang lebih personal.

Apabila website Anda menggunakan sistem manajemen konten, maka Anda juga bisa melakukan integrasi ke CRM guna mendapatkan data dan insight pemasaran yang lebih dalam.

Sistem CRM juga merupakan cara yang sangat efektif dalam menangani keluhan pelanggan. Sistem CRM yang dikelola dengan baik dapat sangat mempengaruhi reputasi bisnis Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again