15 April 2014

by Yoga Wisesa

D2308U Adalah Mini PC Gaming Terbaru dari Giada

Semenjak Valve mulai fokus pada proyek 'PC a la console' bertajuk Steam Machines mereka, produsen PC juga mulai mendapat pijakannya lagi. Bukan itu saja, desain small-form kini mulai kembali populer karenanya. Dengan D2308U, Giada Technologies yang biasa menyediakan solusi cloud computing, kini mencoba menapaki ranah industri gaming.

Gaming memang merupakan lini industri yang paling menggoda. Minat orang mungkin akan bergeser, namun lini ini tidak akan pernah kehabisan konsumen. Dan dengan lebih dari satu miliar gamer PC di seluruh dunia, bahkan seperdelapan persen dari jumlah itu akan membuat produsen elektronik untung besar. Jadi tidak aneh jika Giada menyiapkan D2308U untuk memenuhi kebutuhan para gamer.

Di dalam casing-nya yang kecil - hanya berdimensi 230x173.5x54.5 milimeter - Anda mendapatkan prosesor Intel Core generasi ke-4 i7-4500U, dengan dua buah memori RAM DDR3 1600MHz berkapasitas masing-masing 4GB. Anda ditawarkan penyimpanan yang cukup memuaskan, sebuah hard disk sebesar 1TB - lebih dari cukup untuk sekedar menyimpan film-HD dan game.

Dengan spesifikasi seperti ini, Giada berjanji bahwa D2308U mendukung resolusi Ultra-HD juga resolusi 2160p. Mini PC ini juga dilengkapi dengan sistem audio Realtek dengan teknologi output 5.1 melalui konektivitas HDMI. Dengan kemampuan perangkat kerasnya, desain D2308U yang mungil-lah yang membuatnya unggul. Bahkan untuk Anda yang tidak terlalu mendalami gaming, produk ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan multimedia dan profesional.

 

Info menarik: Kumpulan Aplikasi Kalender Gratis Untuk PC

 

Di atas meja gaming atau kerja, Giada D2308U tidak akan memakan banyak tempat. Atau Anda bisa menempatkannya di bawah TV: bukan hanya pas diletakkan di ruang keluarga, ia juga akan serasi dengan ornamen interior rumah modern Anda. Bayangkan saat Anda bosan menonton TV, aktifkan D2308U, sambungkan controller Xbox 360 dan nikmati Titanfall atau The Wolf Among Us langsung menggunakan PC kecil ini.

Giada telah melengkapi D2308U dengan fitur konektivitas yang lengkap, ia memiliki sebuah port Gigabit Ethernet, koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. D2308U juga memiliki lima buah port USB (USB 2.0 dan 3.0), modul inframerah untuk mengakses perangkat ini dari jarak jauh hingga card-reader 4-in-1.

Komponen-komponen hardware yang dipadatkan dalam casing kecil biasanya memiliki beberapa masalah, pertama tingkat kustomisasi jadi lebih kecil dan yang kedua adalah sistem pendingin akan bekerja lebih berat, sehingga bisa menjadi cukup bising. Giada menjawabnya dengan sistem kipas khusus yang hampir tidak mengeluarkan suara. Untuk ekspansi sendiri, D2308U memiliki dua buah port Mini-PCI Express.

Giada D2308U ditawarkan dengan beberapa varian sistem operasi seperti Linux, Windows 7 atau Windows 8 Pro. OS yang terakhir ini cukup disarankan jika Anda ingin menggunakannya sebagai medium ber-gaming, karena platform tersebut mendukung API Microsoft DirectX 11.2.

Sayangnya dari press release yang saya dapatkan, Giada belum menginformasikan soal harga. Satu hal yang menjadi tujuan mereka adalah memasarkan Mini PC ini ke konsumen gamer mid-level hingga profesional. Apakah itu berarti harganya juga akan tinggi?

Jika Giada bisa menekan harganya, bukan hanya sukses, D2308U juga dapat menjadi alternatif menarik untuk ambil bagian dalam proyek terbaru Valve: instal SteamOS, dan Anda mendapatkan sebuah Steam Machines. Kemudian tinggal tunggu Steam Controller dirilis...