Setelah pemberitahuan resminya akan menyambangi Jakarta September ini, Seedstars World (SSW) sebuah kompetisi pencarian aplikasi bertaraf internasional mengklaim berhasil merebut minat puluhan rekan-rekan pengembang aplikasi di tanah air. Empat belas startup lolos ke babak berikutnya. Jumlah ini masih bisa bertambah hingga mencapai sekitar 20 startup.

Bekerja sama dengan DailySocial dan didukung oleh Pemerintah Republik Indonesia, SSW menantang para penggiat startup dan pengembang aplikasi Indonesia yang dewasa ini pertumbuhannya kian berkualitas. Hadiah yang disediakan tidak main-main, berupa dana sebesar $500,000 dan kesempatan bertanding melawan wakil dari negara lain di Jenewa, Swiss, di bulan Februari 2015 mendatang.

Sejak pengumumannya hari Selasa lalu (9/9), SSW dengan bangga memperkenalkan 14 startup awal yang terpilih untuk memasuki tahap akhir yang akan diselenggarakan tanggal 15 September 2015 mendatang. Berikut adalah keempat belas startup tersebut:

8Villages
8Villages menawarkan sebuah forum interaksi antara para petani dan konsumen tanpa memerlukan akses internet super-cepat untuk dapat berinteraksi di forum tersebut.

Liburan Anak
Startup ini membantu para orangtua dalam menentukan tempat maupun kegiatan liburan yang paling cocok untuk anak-anak mereka. Informasi yang disajikan bersifat netral dan pilihan, serta terkini.

Ovenue
Ovenue mengkurasi tempat pertemuan (venue) dengan kualitas terbaik demi kesuksesan acara para pelanggannya. Anda tak perlu lagi repot terjebak macet di jalan dan menelepon untuk mencari venue yang tepat.

Kakatu
Sebagai sebuah launcher Android, Kakatu menjaga konten anak Anda di smartphone mereka. Sehingga pengawasan akan lebih mudah untuk orangtua.

KPROke
Berdasarkan laman situs mereka, KPRoke.com adalah portal untuk membandingkan bunga KPR dan mengajukan aplikasi KPR ke berbagai bank sekaligus.

Twitgreen
Sebuah platform yang menjembatani para relawan untuk melakukan kegiatan sosial mewujudkan tempat yang lebih ramah lingkungan.

Own Games
Own Games adalah sebuah tim pengembang game multi-platform yang terdiri dari 5 pemuda asal Bandung.

Petualang Dunia
Melalui layanannya, Pikatour, Anda dapat mencari paket travel dan tur dengan kemudahan dan promo-promo spesial.

Teknimo
Teknimo sebuah startup yang berbentuk sebuah media digital seputar berita teknologi, gadget, dan internet.

Madina Technologies
Madina Technologies sebuah rumah produksi pengembang aplikasi perangkat mobile, website, dan games.

KitaBisa
KitaBisa tercipta demi menghubungkan orang baik dengan sumber daya dengan inisiatif karya anak bangsa yang menghasilkan program sosial.

Bintang Sekolah
Startup ini menyediakan platform multimedia kegiatan belajar-mengajar dengan sangat interaktif.

Qalamotion
Qalamotion adalah belajar Islam dengan cara yang asik, melalui serial animasi explainer yang fun dan mudah dipahami.

Tricons Mediapro
Tricons Mediapro merupakan layanan pembuatan dan penerbitan media beserta buku digital yang memiliki sifat Open, Connected, dan aspek sosial lainnya.

Selain empat belas startup tersebut, saat ini SSW tengah menyeleksi pendaftar tersisa yang akan menyusul ke tahap selanjutnya. Akan ada kurang lebih enam startup lagi yang akan memperebutkan kesempatan bergengsi ini.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri mulai serius mendukung industri ini. Mereka turut andil sebagai tim penjurian yang menyeleksi lebih dari 90 startup skala nasional yang mendaftarkan diri di kompetisi ini. Proses ini dipimpin oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Business Connect Program yang mereka jalankan.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Disclosure: DailySocial adalah media partner event Seedstars World Jakarta

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.