Daftar Permainan Role-Playing Modern Terbaik Untuk Platform Game Pilihan Anda

Konsep role-playing sebenarnya sudah melebur seiring bertambah canggihnya platform dan teknologi video game. Terlepas dari anggapan banyak orang, role-playing game (singkatnya RPG) ialah jenis permainan yang menempatkan Anda sebagai karakter di dunia fiksi. Pemain akan menentukan pilihan, dan dalam prosesnya, mengembangkan tokoh tersebut.

Permainan role-playing memiliki sejarah lebih tua dibandingkan video game itu sendiri. Sebelum inkarnasi versi digitalnya, orang-orang mengenal RPG sebagai permainan table top atau pen-and-paper, hingga 'live action' dimana pemain mengenakan kostum karakter yang mereka inginkan - seperti cosplay.

Dalam industri video game, RPG juga merupakan salah satu genre tertua, jauh sebelum FPS dan game action menemukan jati diri mereka. Dengan formula yang telah teruji dan kian matang, tak heran jika satu franchise RPG berhasil menghimpun jutaan fans setia, serta melambungkan reputasi para desainernya.

Dari ratusan RPG yang tersedia untuk seluruh platform game, saya akan merangkum satu judul permainan role-playing terbaru (dirilis di tahun 2014) dan terbaik yang bisa dinikmati terlepas apapun sistem pilihan Anda.

 

  1. Wii U: Child of Light Tidak banyak judul permainan third-party dirilis untuk Wii U, dan akan lebih sulit lagi mencari permainan role-playing. Tapi Child of Light buatan Ubisoft Montreal berhasil mengisi kehampaan tersebut. Ia adalah RPG platformer dengan sistem pertempuran a la permainan tactical role-playing klasik Final Fantasy. Child of Light menawarkan Anda setting fantasi dan visual menawan, mengisahkan Aurora - gadis kecil yang harus merebut kembali bulan, bintang dan matahari dari Sang Ratu Malam.

Info lengkap: Ubi.com

 

  1. Nintendo 3DS: Pokémon X and Y Berbeda dari Wii U, tidak susah mencari game role-playing untuk 3DS karena nama Pokémon X dan Y langsung muncul di kepala kita. Sekali lagi, Anda akan bermain sebagai seorang pemuda dan menuntunnya untuk menjadi Pokémon master terbaik sembari 'mengoleksi' monster. Pokémon X and Y terjual lebih dari 12 juta kopi dan turut mendongkrak penjualan Nintendo 3DS serta tercatat sebagai permainan Pokémon pertama dengan grafis full 3D. Perbedaan X dan Y hanya terletak pada jenis Pokémon - tentu saja Anda bisa saling bertukar monster dengan sesama pemain.

Info lengkap: PokemonXY.com

 

Info menarik: Lima Fakta Menarik Industri Gaming

 

  1. Android: Baldur's Gate Enhanced Edition Ada banyak sekali RPG tersedia untuk perangkat Android: beberapa adalah judul orisinil, porting serta game remake. Menyusul perilisannya di iOS pada awal 2013, akhirnya Baldur's Gate mendarat di Android. Enhanced Edition ialah remake permainan role-playing PC legendaris yang dirilis 16 tahun silam, ditawarkan dengan resolusi lebih tajam, gameplay modern, perspektif kamera berbeda, serta dilengkapi berbagai update dan expansion pack. Kini kita tinggal menunggu versi Android Baldur's Gate II Enhanced Edition.

Info lengkap: Google Play

 

  1. iOS: Dragon Quest IV: Chapters of the Chosen Hal serupa juga berlaku di platform iOS. Sebuah permainan klasik mendarat di sana dan mendapatkan resepsi luar biasa. Chapters of the Chosen merupakan game keempat seri Dragon Quest, dan diklaim banyak orang sebagai permainan Dragon Quest terbaik. Perjalanannya cukup unik, Chapters of the Chosen pertama kali dirlis untuk NES di tahun 1992, kemudian di-remake untuk PlayStation di tahun 2001 dengan engine baru, lalu kembali di-port untuk Nintendo DS (2008). Nah, versi iOS ini dibuat berbasis dari port Nintendo DualScreen-nya.

Info lengkap: Apple.com

 

5. Last-gen home console (Xbox 360 & PlayStation 3): Dark Souls II Jika PC bukanlah sistem game pilihan Anda, maka Dark Souls II ialah alasan pecinta RPG untuk tetap bermain di platform last-gen. Ia merupakan game role-playing tersulit yang pernah diciptakan dan pemain ditakdirkan mati berkali-kali hingga mereka menemukan jalan keluarnya (mayoritas saat menghadapi boss). Darks Souls II dipuji karena menyajikan art direction unik serta atmosfer moody - sempurna dengan tema permainan. Developer FromSoftware juga sudah menyiapkan trilogi DLC The Lost Crowns sebagai tambahan konten.

Info lengkap: DarkSoulsII.com

 

Info menarik: Ini Daftar 10 Pengembang Apps Terbaik Dunia

 

  1. Xbox One: Diablo III: Ultimate Evil Edition Sebetulnya Ultimate Evil Edition juga merupakan satu dari sedikit RPG modern terbaik untuk PlayStation 4. Saya masukkan ia di sini karena hanya ada sedikit permainan role-playing tersedia di Xbox One. Ultimate Evil Edition adalah versi console Diablo III yang sebelumnya telah hadir untuk PC. Di dalamnya, Blizzard membubuhkan expansion pack Reaper of Souls sekaligus berbagai update. Diablo III mencetak rekor presale tertinggi di Amazon.com, dan bulan Juni lalu terjual lebih dari 20 juta kopi - belum termasuk versi console next generation-nya.

Info lengkap: Battle.net

 

  1. PlayStation 4: Transistor Walaupun namanya masih tergolong baru dibandingkan beberapa judul di atas, ada banyak alasan mengapa Transistor layak disebut sebagai salah satu RPG modern terbaik. Saat ini, Transistor ialah satu-satunya game di PlayStation 4 yang paling mendekati status eksklusif. Permainan ini memadukan gamplay RPG tradisional dengan elemen strategi, kemudian membungkus kontennya dalam penyajian visual anggun dengan jalan cerita dramatis ber-setting fiksi ilmiah. Transistor juga dibundel bersama theme song dan sountrack terbaik.

Info lengkap: SuperGiantGames.com

 

  1. PC: Divinity: Original Sin Sejauh ini, Divinity: Original Sin adalah permainan role-playing indie terbaik di platform PC. Di dalamnya, developer Larian Studios memadukan elemen old school dengan gameplay inovatif. Original Sin sangat kompleks, tapi mudah dipelajari; penuh rasa nostalgia, tapi modern; serius, namun dipenuhi humor. Narasi dan penyampaian cerita diterjemahkan sempurna ke dalam mekanisme permainan, Original Sin memberikan kita puluhan (hingga ratusan) jam gameplay berkualitas. Tak heran banyak orang menyebutnya sebagai 'versi modern' Baldur's Gate.

Info lengkap: DivinityOriginalSin.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again