1. Startup

Daftar Startup Cleantech Indonesia di Sektor Industri & Pembangunan

Solum.id mendaftar ada 9 startup cleantech yang bergerak di sektor Industri dan Pembangunan

Ekosistem startup cleantech di Indonesia memiliki potensi untuk tumbuh subur terlepas dari sejumlah tantangan yang masih harus ditangani, utamanya seputar pendanaan dan kerangka regulasi.

Secara umum, ekosistem startup cleantech di Indonesia dapat dipetakan menjadi tiga sektor: sektor energi, sektor transportasi, dan sektor industri & pembangunan.

Sebelumnya, tim Solum.id sudah lebih dulu membuat daftar startup cleantech Indonesia yang bergerak di sektor energi dan di sektor transportasi.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan menyoroti startup cleantech yang bergerak di sektor industri & pembangunan.

Berikut daftar lengkapnya.

1. Berkela

Berkela menghadirkan platform efisiensi dan konservasi energi (energy efficiency & conservation – EEC) bagi organisasi dan perusahaan di berbagai sektor.

Tak hanya menyediakan informasi dan alat yang relevan untuk keperluan EEC, platform yang Berkela bangun juga dirancang untuk menghubungkan pelaku usaha dengan para pemangku kepentingan terkait.

Website: berkela.id

2. Faraday

Bermula dari proyek penelitian akademis di Universitas Prasetiya Mulya, Faraday lanjut mengembangkan sistem manajemen energi buat industri.

Saat ini, Faraday tengah mengembangkan prototipe sistem manajemen energi matahari, lengkap dengan fitur-fitur seperti real-time monitoringforecasting, dan optimasi kinerja pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Website: faraday.id

3. Leastric

Leastric adalah startup yang mengembangkan sistem pemantauan listrik terintegrasi, dengan tujuan utama untuk menekan angka konsumsi energi listrik, baik dalam skenario industri ataupun residensial.

Dengan perpaduan perangkat fisik dan pengolahan data berbasis cloud, Leastric mengeklaim teknologi yang dikembangkannya dapat membantu mengurangi konsumsi listrik hingga 15%.

Website: leastric.com

4. Powerbrain

Didirikan pada tahun 2019 dengan nama Homemate, Powerbrain kini fokus mengembangkan sejumlah layanan berbasis teknologi untuk meningkatkan efisiensi energi.

Di samping menawarkan sistem manajemen energi yang terintegrasi, Powerbrain juga menyediakan layanan komprehensif terkait pemanfaatan sumber energi terbarukan bagi industri, mulai dari studi kelayakan, desain, instalasi, hingga operasional dan perawatannya.

Untuk daftar selengkapnya, kunjungi Solum.id. Solum.id adalah media online yang fokus menyajikan berbagai artikel tentang sektor keberlanjutan dan teknologi masa depan.

-

Disclosure: Solum.id adalah bagian dari grup DailySocial.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again