1. Startup

[Dailyssimo] Mengangkat Jumlah Kunjungan Lewat Social Media

Social media bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk membuka hubungan yang lebih erat dengan pelanggan/pengunjung situs/pengguna produk Anda, untuk  peningkatan kepekaan terhadap merk, dan juga mengangkat jumlah pengunjung ke situs Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulainya dan saya akan membahas beberapa di antaranya di bawah ini.

Gunakan satu suara secara konsisten: Harus diingat bahwa banyak pelanggan/pengunjung situs/pengguna brand Anda sudah terekspos dari banyak tempat lainnya di dunia online dan begitu juga di offline, jadi jangan membingungkan mereka dengan "pesan" yang berbeda-beda untuk setiap media. Apakah Anda menggunakan situs/blog, atau menggunakan Twitter, Facebook selalu ingat untuk menggunakan pesan-pesan yang konsisten di semua media yang Anda gunakan. Dengan melakukan ini Anda menciptakan pesan-pesan dari brand yang lebih jelas, yang artinya lebih memudahkan mengubah pengunjung menjadi pelanggan nantinya.

Tentukan gol dan tujuan utama Anda: Tentukan terlebih dahulu apakah yang ingin dicapai adalah menaikkan jumlah kunjungan (trafik) pada situs/blog Anda atau menaikkan jumlah pembelian produk dari situs/blog Anda? Begitu Anda sudah menentukan gol keseluruhan, delegasikan satu titik fokus untuk strategi dan gunakan kanal-kanal yang terpisah untuk menghasilkan trafik dari masing-masing kanal tersebut.

Sebagai contoh, bila Anda ingin mengarahkan trafik ke blog, gunakan Twitter untuk "mengiklankan" blog Anda tersebut. Atau bisa juga mengarahkan trafik ke situs Anda dengan cara mengajak pengunjung untuk membaca artikel, laporan-laporan atau juga menggunakan tools tertentu yang tersedia di situs Anda tersebut. Pengunjung juga bisa di tawarkan untuk membeli produk-produk ataupun jasa dari bisnis Anda. Jangan lupa menyertakan link-link ke sumbernya disitus Anda dari Facebook dan Twitter ataupun media-media lainnya seperti YouTube.

Jangan lupa pesan-pesan offline Anda: Media-media pemasaran tradisional yang biasa dipergunakan juga bisa menjadi jalur yang baik untuk mengarahkan trafik ke situs-situs media sosial Anda. Contohnya, menyertakan alamat situs/blog Anda pada  materi promosi seperti brosur ataupun kartu nama. Juga jangan lupa menyertakan alamat situs Anda bersama dengan tautan ke Facebook dan Twitter Anda pada presentasi yang akan Anda sajikan.

Abang Edwin adalah seorang praktisi online community management sejak tahun 1998 jauh sebelum istilah social media/social network muncul di dunia internet. Sampai saat ini ia pun masih memberikan konsultasi-konsultasi mengenal karakter dan membina komunitas online bagi brand/agency maupun perseorangan. Untuk mendapatkan update terbaru, Anda bisa mengikuti @bangwinissimo di Twitter, atau membaca blognya di bangwin.net.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again