Categories

Opini

[Dailyssimo] Peranan Twitter Dalam Mengubah Dunia Humas

Abang Edwin SA - 15 December 2013

Sudah sejak lama media sosial dianggap sebagai pesaing teknik-teknik humas konvensional. Para analis media sosial memprediksikan bahwa dunia humas sekarang sudah mati, yang kemudian akhirnya disanggah bahwa sebenarnya media sosial tidak terlalu cocok untuk hal-hal yang berkaitan dengan kehumasan. Dan lalu muncullah Twitter, yang seiring dengan pupularitasnya, bisa mengurangi “jarak” antara media sosial dan dunia PR. Kini, dengan ribuan cerita tentang keberhasilan PR melalui Twitter, akhirnya Twitter mulai dikenal luas sebagai salah satu teknik .

Lalu apakah PR konvensional sudah mati? Tentu saja tidak! Twitter adalah cara yang mengagumkan dalam menambah kemampuan PR organisasi Anda. Twitter bukanlah alat untuk menggantikan teknik PR yang sudah ada tapi melainkan alat bantu untuk memperluas daya sebar “pesan” ke audience yang lebih luas. Anda bisa men-tweet press release tentang sebuah acara untuk organisasi Anda dan bisa Anda lihat bagaimana ia menyebar di Twitterverse.

Memiliki layanan yang baik sangatlah penting bagi sebuah organisasi untuk mendapatkan publikasi yang baik. Untuk hal itu Twitter memiliki kelebihan yang belum bisa tertandingi berkaitan dengan kemampuan layanan instan dan real-time. Pertanyaan bisa langsung dijawab dan pesan bisa tersebar dengan sangat cepat.

Banyak perusahaan sudah menyadari bahwa Twitter tidak hanya alat yang baik untuk membantu kebutuhan marketing tapi juga media yang unik untuk membantu kebutuhan customer service, yang akhirnya bisa mengarahkan pada pencapaian reputasi yang baik di masyarakat dan kehumasan yang kuat.

Twitter juga tempat yang tepat untuk memonitor reputasi brand Anda di dunia online. Anda akan bisa mengetahui apa yang dibicarakan oleh orang-orang tentang brand Anda. Andapun bisa mencari orang-orang yang memiliki potensi bakal menyukai brand Anda. Bahkan dengan menggunakan fungsi advanced search yang dimiliki Twitter serta beberapa produk pihak ketiga, Anda bisa menetapkan apakah brand Anda kehilangan daya tarik diantara para pengguna dan dengan itu Anda bisa melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk segera memperbaikinya.

Dunia PR berkembang dengan pengetahuan, dan ini bisa didapat dengan mudah pada Twitter. Begitu Anda memfollow dan beinteraksi dengan banyak orang, Anda akan mendapatkan pengetahuan. Anda bisa menjadi rekan, sebagai kompetitor ataupun klien, mengikuti mereka di Twitter menjadi sebuah langkah yang masuk akal mengingat Anda akan bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang opini mereka.

Twitter tidak pernah “tidur” karena akan selalu terjadi sesi berbagi ataupun percakapan selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tentunya dengan orang-orang yang berpengetahuan banyak dan juga bijaksana, jadi tidak ada ruginya jika kita ikut mengambil manfaat dari kehadiran Twitter ini.

Bagaimana menurut Anda?

Abang Edwin adalah seorang praktisi online community management sejak tahun 1998 jauh sebelum istilah social media/social network muncul di dunia internet. Sampai saat ini ia pun masih memberikan konsultasi-konsultasi mengenal karakter dan membina komunitas online bagi brand/agency maupun perseorangan. Untuk mendapatkan update terbaru, Anda bisa mengikuti @bangwinissimo di Twitter, atau membaca blognya di bangwin.net.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter