Dana Resmikan Aplikasi Dompet Digital, Optimalkan Pembayaran Melalui Kode QR

Dana Resmikan Aplikasi Dompet Digital, Optimalkan Pembayaran Melalui Kode QR

Sediakan "vending machine" yang ditempatkan di merchant mitra
CEO Dana Vincent Iswara saat mempresentasikan fitur-fitur di aplikasi mobile
CEO Dana Vincent Iswara saat mempresentasikan fitur-fitur di aplikasi mobile

Setelah sebelumnya merilis aplikasi standalone versi beta beserta mesin kode QR untuk merchant, Dana secara resmi meluncurkan aplikasi dompet digitalnya. Aplikasi dompet digital dengan konsep open platform ini mencoba menghadirkan pilihan pembayaran yang lebih beragam untuk masyarakat. Kini pengguna Dana juga bisa melakukan top-up saldo menggunakan kartu kredit.

Secara khusus DANA sudah memiliki lisensi uang elektronik melalui PT Espay Debit Indonesia Koe. Seperti aplikasi dompet digital pada umumnya, Dana juga mencoba mengajak penggunanya untuk memanfaatkan fitur pembayaran untuk transaksi ke ritel offline.

Pada transaksi dan pembayaran di gerai konvensional, pengguna Dana dapat memanfaatkan kode QR yang tersedia di aplikasi. Transaksi dapat dilakukan melalui user-scan-merchant maupun merchant-scan-user. Semua proses yang dilakukan berbasis mobile.

Teknologi kode QR aplikasi Dana diklaim pertama di Indonesia yang menggunakan pendekatan user present QR dan telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia. Pendekatan tersebut didukung pemanfaatan mesin kode QR yang dinamai “Litte White Box”. Mesin pemindai QR ini dikembangkan oleh salah satu mitra Dana. Proses ini diklaim cepat dan mudah untuk diterapkan oleh merchant.

Litte White Box
Tampilan mesin Litte White Box

Untuk sementara, uji coba fitur QR Dana masih terbatas di wilayah Jabodetabek, yakni di merchant KFC dan Ramayana.

Fitur lainnya yang saat ini juga sudah bisa dinikmati oleh pengguna dalam aplikasi adalah layanan peer-to-peer berupa transfer antar pengguna. Selain itu Dana terus melakukan integrasi layanan ke ekosistem bisnis Emtek seperti Bukalapak, Tix.id, dan BBM.

“Saat ini DANA sudah memiliki sekitar satu juta pengguna. Nantinya kami juga akan menempatkan vending machine, pilihan pembayarannya bisa melalui aplikasi Dana secara langsung,” kata CEO DANA Vincent Iswara.

Sebagai penyedia infrastruktur pembayaran digital, sambung Vincent, Dana memiliki passion untuk memberdayakan semua pelaku bisnis tradisional, digital, offline dan online. Visinya membuat semua orang dapat bertransaksi dan melakukan kegiatan ekonomi dengan mudah, cepat, dan aman.

“Kami optimistis dan percaya DANA dapat turut membantu mewujudkan target pemerintah mencapai inklusi keuangan Indonesia 75 persen di tahun 2019 dan menempatkan Indonesia di jajaran 10 negara dengan perekonomian terkuat di dunia pada 2030 mendatang,” tutur Vincent.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…