1. Startup

DANA Tingkatkan Pengalaman Bertransaksi Digital Lewat Tampilan Baru

Terus berinovasi memberikan pengalaman sempurna dalam bertransaksi digital, DANA bawa tampilan antarmuka (UI) baru, DANA v.2.0

Dalam merespon pertumbuhan transaksi digital di Indonesia, aplikasi dompet digital DANA, resmi meluncurkan pembaruan total pada tampilan antarmuka dan fitur lewat DANA v.2.0. Diperkenalkan pertama kali pada acara seminar virtual bertajuk “DANA Tech Talk” bersama DailySocial.id pada 27 Agustus lalu, DANA v.2.0 mengusung misi untuk menjembatani kebutuhan pengguna di era digital yang semakin dinamis dan juga kompleks.

Dalam webinar yang bertemakan ‘Gold Recipe in Building Experiences to Tens of Million Users’ tersebut, upaya memperkaya pengalaman pengguna menjadi salah satu aspek kunci pembaruan tampilan dan layanan DANA v.2.0.

Norman Sasono, selaku CTO dari DANA mengatakan, “filosofi di DANA sendiri adalah start with UX. Hal pertama yang akan dipikirkan adalah menyajikan manfaat yang besar bagi pengguna. Ini semua tentang di mana kita membawa customer ke situasi yang lebih baik dengan menggunakan teknologi. Akhirnya dari situ, kami bisa muncul membawa produk dan fitur baru maupun produk yang sudah ada, tetapi menjadi 10 kali lebih baik,” ujar Norman.

Senada dengannya, Borrys Hasian yang dikenal sebagai praktisi ternama di bidang UI/UX turut mengamini pernyataan pentingnya mengoptimasi tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna dalam pengembangan sebuah produk.

“Setiap penyedia layanan keuangan harus selalu adaptif dalam menanggapi kebutuhan pengguna yang senantiasa berubah-ubah. Tidak pernah berhenti selalu belajar mendengarkan dan mengerti customer untuk kemudian memperbaiki menjadi lebih baik. Dan yang paling penting adalah aplikasi yang dibuat bisa memberikan nilai dan impact yang lebih besar, sehingga ketika membangun produk tidak hanya memberi manfaat ke bisnis, tapi juga membuat produk disukai bahkan dicintai oleh pelanggan,” paparnya.

Aplikasi dompet digital yang didirikan pada tahun 2018 ini menghadirkan sejumlah pembaruan tampilan antarmuka pada beberapa komponen seperti; DANA Home, ‘Hanya Untukmu’ untuk beragam promo, DANA Protection, DANA Statement yang bisa diwujudkan dengan widget di iOS, fitur Daily Limit, hingga adanya fitur Smart Pay berupa rekomendasi metode pembayaran lain apabila saldo DANA tidak mencukupi.

Dalam rilisnya, Vince Iswara - CEO & Co-Founder DANA mengungkapkan pembaruan DANA juga berfokus pada membangun fondasi yang mengakomodir kebutuhan pengguna secara luas.

“Fondasi yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan tersebut antara lain adalah kemudahan dan kenyamanan penggunaan serta akses, keandalan teknologi, serta jaminan keamanan dan proteksi. DANA v.2.0 yang kami kembangkan merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjawab tantangan tersebut. Inovasi teknologi, termasuk UI dan UX, akan terus kami lakukan secara konsisten dan senantiasa menjadi fokus dalam pengembangan dompet digital DANA demi pengalaman bertransaksi yang terbaik untuk para pengguna,” ungkap Vince.

Pembaruan DANA kali ini patut dipandang krusial dalam upaya melayani kebutuhan transaksi digital di Indonesia yang terus bertumbuh secara pesat, dan menciptakan keuangan digital yang makin inklusif melalui teknologi. Laporan Statista pada Februari 2021 lalu mengatakan, pertumbuhan pengguna aktif layanan digital wallet kian meningkat di tengah pergeseran konsumsi pasar ke ranah eCommerce yang dipicu oleh pandemi. Secara spesifik, pada semester kedua 2020 persentase pertumbuhannya dapat mencapai 14% dibanding dengan semester sebelumnya. Tren positif tersebut diperkirakan bakal terus terjaga dengan baik di masa mendatang, dan hal ini tentu menjadi hal yang menarik bagi DANA dalam berkiprah di kancah kompetisi layanan digital wallet di tanah air.


Advertorial ini didukung oleh DANA

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again