1. Lifestyle

Dapatkah Good Old Games Saingi Steam Dengan GOG Galaxy?

Banyak netizen 'bersumpah', mereka tak akan membeli game jika tidak dirilis di Steam, biasanya diucapkan terkait sentimen terhadap EA Origin. Tapi sebenarnya persaingan adalah hal positif, menandai tidak praktek monopoli, memberikan opsi bagi konsumen. Menariknya, kali ini Steam mendapatkan kompetisi dari layanan distribusi digital yang sama sekali tidak disangka-sangka.

Gamer di PC tahu perbedaan fundamental antara Steam dan GOG. Steam menyuguhkan ekosistem kaya berisi ribuan judul koleksi software dan permainan, sedangkan Good Old Games fokus pada penyajian game-game tua tanpa sistem DRM dan kompatibilitas ke platform modern di harga sangat murah. Namun dengan mengumumkan GOG Galaxy, tim asal Polandia itu kini resmi bermain di kelas yang lebih bergengsi.

GOG Galaxy bisa disamakan seperti Steam, Origin dan Uplay (yang kurang populer). Developer CD Projekt telah menyiapkan tool demi memastikan game Anda tetap up-to-date dan segala macam fasilitas pendukung komunitas tanpa kerumitan pemakaian. Senjata utama dari GOG Galaxy adalah bagaimana kita diperbolehkan mengakses semua kemudahan itu secara offline dan ketiadaan restriksi digital rights management.

Info menarik: Ayo Kita Gali Data Gaming di Steam Menggunakan Steam Spy

Fitur sosial GOG Galaxy meliputi daftar teman-teman, chat di dalam permainan, achievement, hingga mode multiplayer cross-platform untuk beberapa judul terpilih. Cross-platform di sini maksudnya ialah gamer di Steam dapat terhubung ke pemain di Galaxy. Jangan lupa, layanan baru GOG tersebut merupakan client opsional. Jadi Anda masih bisa menggunakan metode tradisional seandainya belum merasa nyaman dengan Galaxy.

Hebatnya lagi, pengguna dipersilakan menyimpan file installer ke hard drive, penyimpanan eksternal atau cloud tanpa syarat. Tidak suka 'dijejali' auto-update? Matikan saja. Tidak suka kolom chat muncul tiba-tiba ketika bermain, atau tidak mau ada achievement? Tinggal nonaktifkan. Semua pilihan kustomisasi Anda di tangan Anda. CD Projekt berjanji, aplikasi client selalu dioptimalkan - dijamin sangat ringan dan tidak membebani PC.

Banyak orang mengemukakan kekhawatiran pada masalah privasi. Platform distribusi sejenis ini memang sangat empuk untuk dijadikan medium pengumpulan data user. Tapi Anda tak perlu cemas karena GOG Galaxy tidak akan melacak data pribadi. Ke depannya, GOG berencana menambahkan kemampuan notifikasi app, invite friends, beserta fitur rollback andai update terbaru malah merusak game.

Anda dapat mencoba berpartisipasi dalam program beta testing dengan mengunjungi situs GOG Galaxy. Masukkan alamat email di 'Join GOG Galaxy Beta' dan tunggu kabar selanjutnya dari developer.

Sumber: GOG.com. Via PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again