1. Startup

Dapur Masak, Jejaring Sosial untuk yang Suka Memasak

Indonesia ICT Award (Inaicta) 2012 untuk kategori startup, dimenangkan oleh DapurMasak.com. DapurMasak merupakan sebuah jejaring sosial untuk pecinta masak dan semua orang yang ingin belajar memasak untuk berbagi pengalaman memasak mereka dengan cara yang menyenangkan.

Dalam DapurMasak, pengguna dapat mencari berbagai macam resep masakan berdasarkan bahan, nama, bahkan waktu yang tepat untuk memasak resep tersebut seperti untuk sarapan atau untuk makan malam. Pengguna juga dapat menambahkan resep mereka sendiri, termasuk tips-tips memasak.

Pengguna dapat menambahkan gambar dalam setiap langkah dalam resep yang mereka posting sehingga pengguna lain dapat secara mudah mengikuti resep tersebut. Pengguna juga dapat secara mudah mencetak resep tersebut dengan tombol yang telah disediakan. Pengguna lain dapat me-ReCook (seperti retweet pada Twitter) suatu resep dengan memposting foto serta pengalaman mereka mencoba resep tersebut.

Untuk menambah semangat pengguna, DapurMasak mempunyai sistem yang dinamakan Cook Point. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna, memperoleh hadiah berupa Cook Point. Untuk setiap milestone yang telah dilewati, pengguna juga dapat mendapatkan badge yang dinamakan Cook Badges. Cook Point dan Cook Badges ini dapat ditukarkan seperti peralatan masak, voucher diskon, atau produk yang disponsori oleh merek tertentu.

DapurMasak dikomandoi oleh Didik Wicaksono sebagai pengembang sistem dan Soegianto Widjaja sebagai pengembang bisnis. Dalam mengembangkan DapurMasak, tim DapurMasak terinspirasi oleh Aki Sano, founder dan CEO Cookpad. Cookpad didirikan tidak hanya untuk berbagi resep, tetapi juga untuk melestarikan semangat memasak dan mengkonsumsi tanaman lokal sehingga juga turut mengangkat perekonomian petani Jepang yang menanam tanaman lokal.

Ide dari Cookpad ini menginspirasi tim DapurMasak untuk melakukan hal yang serupa mengingat Indonesia mempunyai kekayaan kuliner dan keanekaragaman hayati. Dengan pengalaman memasak yang menyenangkan bersama DapurMasak, diharapkan generasi muda Indonesia mau kembali ke dapur untuk mencoba memasak.

Saat ini DapurMasak masih dalam fase beta dan sedang fokus untuk pertumbuhan pengguna. Walaupun belum mempunyai tanggal yang pasti, peluncuran DapurMasak direncanakan dapat dilakukan sesegera mungkin. Tim DapurMasak juga mempersiapkan aplikasi mobile DapurMasak untuk platform Android dan iOS.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again