Categories

Berita

Dari Reruntuhan Koprol Berdirilah Barito Labs dan Ice House

Aulia Masna - 25 July 2012

Koprol tetap akan ditutup layanannya oleh Yahoo bulan Agustus ini setelah timnya dibubarkan tetapi para founder dari layanan berbasis lokasi ini telah kembali beraksi dan meluncurkan dua perusahaan terpisah. Ice House adalah perusahaan perangkat lunak yang dipimpin oleh Fajar Budiprasetyo dan Daniel Armanto sedangkan Barito Labs dijalankan oleh Satya Witoelar bersama dengan Daniel dan Fajar.

Sebagai sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak dan aplikasi, Ice House akan memusatkan perhatian pada pembuatan dan pengembangan applikasi mobile dan web yang mutakhir untuk para startup dan perusahaan di Sillicon Valley.

Ice House disokong oleh Pacific Technology Partners, sebuah perusahaan invesatasi swasta yang berbasis di Palo Alto. Saat ini Ice House sudah mulai mengembangkan beberapa aplikasi untuk klien di luar negeri.

Alasan Fajar mendirikan Ice House, "Saya sangat tertarik dengan pembuatan produk. Dengan Ice House, saya berharap bisa menggunakan para pengembang yang kami dapat dari Yahoo untuk mengembangkan aplikasi dan layanan baru. Berkat kontak yang telah kami miliki dan mitra kami di PTP, kami telah bisa langsung mengerjakan beberapa proyek baru."

Meski telah memiliki selusin karyawan pengembang dan desainer mantan Yahoo, Ice House masih mencari tambahan karyawan untuk posisi pengembang perangkat lunak untuk bergabung dengan kantor mereka seluas 200m2 yang berada di Jl. Senopati, Jakarta Selatan.

Perusahaan lain yang muncul dari Koprol adalah Barito Labs, yang merupakan entitas legal sebagai pemegang hak intelektual terkait dengan Koprol. Nama perusahaan ini merujuk pada lokasi awal kantor Koprol.

"Dengan kombinasi unik dari kewirausahaan, pengembangan produk dan pengalaman pemasaran baik di startup lokal maupun perusahaan global, kami akan memperkenalkan inovasi hebat di dunia mobile untuk konsumen di pasar berkembang", jelas Satya.

Barito Labs didirikan tidak hanya untuk mendapatkan kendali atas Koprol tetapi juga untuk membuat aplikasi mobile. Satya dan para co-founder-nya tengah mengerjakan beberapa produk berbeda yang ditujukan untuk pasar lokal. Apa yang akan dibuat oleh Barito Labs, Satya mengatakan, "Seperti nama dari perusahaan ini, aplikasi yang dikembangkan akan lebih bersifat eksperimental daripada komersial." Menurut Daniel, "Barito Labs akan fokus pada pembuatan produk sendiri sedangkan Ice House akan lebih pada menyediakan pengembangan layanan untuk perusahaan lain. Dua perusahaan ini tidak akan saling berkompetisi."

Ditanya apakah Barito Labs akan meluncurkan ulang Koprol, Satya mengatakan, "Kami sedang mengerjakan sesuatu tentang hal ini tetapi kami belum siap untuk mengungkapkan apa itu." Fajar menambahkan,"Kami memiliki rencana untuk meluncurkan kembali Koprol dan berharap para Koprollers akan bisa menikmati Koprol versi baru."

Barito Labs berharap untuk bisa meluncurkan kembali Koprol baru tidak lama setelah versi Yahoo ditutup bulan Agustus nanti, tetapi untuk tanggal resminya belum bisa diberitahukan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter